Skip to main content
TravelNimble

follow us

Tempat Wisata Menarik di Guilin

Guilin adalah salah satu kota di provinsi Guangxi yang merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup popular di China. Sungai Lijiang (Li River) membelah kota dari Utara ke Selatan sampai ke kota Yangshuo. Guilin biasanya identik dengan hamparan bukit bukit karst-nya yang indah. Tetapi selain itu masih ada tempat wisata di Guilin lainnya yang bisa kita nikmati.

Guilin dapat dicapai dengan kereta dari kota lainnya di China. Terdapat tiga train station di Guilin yaitu yaitu Guilin Station (Guilin Zhan) yang posisinya lebih dekat ke pusat kota, Guilin North station (Guilin Bei Zhan) yang letaknya jauh dari pusat kota dan satu lagi Guilin West Station (Guilin Zi Zhan), yang letaknya paling jauh diantara ketiga station tersebut. Jadi kalau hotel kamu berada di pusat kota, jangan salah pilih station ya.

Kalau kamu mendarat di Guilin dengan pesawat, maka dari Guilin airport ke pusat kota Guilin bisa naik airport shuttle dengan lama perjalanan sekitar 40 menit dengan biaya sekitar 25 Yuan.

Baca juga : Itinerary tiga hari di Guilin

Lalu apa saja yang bisa dilakukan di Guilin? Nah berikut ini tempat wisata di Guilin yang bisa menjadi referensi kamu saat mengunjungi Guilin.

1. Menyusuri sungai Lijiang (Li River)
Hal yang wajib dilakukan disini adalah menyusuri Sungai Li. Ada beberapa pilihan yang bisa diambil di kota Guilin ini yaitu dengan rakit bamboo ataupun ikut kapal wisata "dua sungai dan empat danau". Untuk rakit bamboo biasanya hanya diseputar area wisata "two river and four lake scenic area" sedangkan kalau dengan kapal wisata biasanya jaraknya lebih jauh, mengitari sungai Li dan sungai lainnya serta melihat spot-spot menarik di seputar sungai ini.

Tetapi yang paling popular adalah Li River Cruise, yang dimulai dari dermaga Zhujiang yang terletak sekitar 23 km di selatan kota Guilin, menuju kota Yangshuo. Cruise ini akan pembawa penumpangnya menyusuri bagian tercantik dari Sungai Li, menuju ke Yangshuo. Harga cruise ini bermacam-macam tergantung jenis kapal dan paket yang ditawarkan.

Paket boat tour ini bisa dibeli di www.livingcruises.com atau bisa juga beli di tour lokal lainnya ataupun di hostel tempat menginap. Harga yang paling murah di livingcruise adalah $78 sudah termasuk penjemputan di hotel Guilin, makan siang di cruise dengan lama tour sekitar 4,5 jam.

Mau option yang lebih murah? Kita bisa naik bis ke Yangshuo dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam dan ambil tour/sewa rakit di Yangshuo atau bisa juga naik kapal motor yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah.

2. Elephant Trunk Hill
Elephant Trunk Hill ini berada di area wisata "two river and four lakes scenic area" yang juga merupakan salah satu tempat wisata di Guilin yang menarik untuk dikunjungi. Two river and Four Lakes scenic area ini sangat luas, kita tidak harus membayar uang masuk untuk kesemua tempat, tetapi bisa pilih kita mau ke area mana saja, dan tinggal bayar itu saja. Tapi kalau mau explore semua, beli tiket yang udah include semua, biasanya lebih murah.

Baca juga : Itinerary 24 hari di China

Elephant Trunk hill adalah bukit karst yang berada di tepi sungai Li yang bentuknya menyerupai belalai gajah yang juga merupakan landmark kota Guilin. Ada cerita kuno yang beredar di masyarakat Guilin mengenai Elephant Trunk ini. Konon Elephant Trunk ini merupakan perwujudan dari Dewa Gajah yang dulunya dalah penjaga kaisar surga, tetapi terpisah saat perang dan terdampar di Guilin dengan luka parah. Pasangan lokal Guilin menyelamatkan dan merawat gajah tersebut dan gajah tersebut jatuh cinta dengan kehidupan di bumi dan memutuskan tidak kembali ke surga.

Kaisar menganugrahkan pagoda untuk menghindari roh-roh jahat dan juga menolong masyarakat. Sejak saat itu, gajah tersebut tidak pernah meninggalkan tempat tersebut sehingga jadilah namanya Elephant Trunk Hill. Puxian Pagoda yang berada di puncak bukit tersebut dipercaya adalah pagoda yang dianugrahkan oleh Kaisar.

Tempat ini berada di pusat di kota Guilin, sangat gampang di access bahkan dengan berjalan kaki. Tempatnya cukup luas, mungkin butuh lebih dari 3 jam untuk benar benar explore tempat ini. Tempat ini juga merupakan salah satu lokasi favorit wisata di Guilin. Sayang waktu saya mengunjungi tempat ini saya tidak berkesempatan untuk masuk karena selama saya di Guilin cuaca tidak bersahabat dan kebetulan uang masuk ke Elephant trunk ini cukup mahal, jadi sayang kalau cuma sebentar.

3. Twin Pagoda
Twin pagoda ini merupakan salah satu icon Guilin yang berada di danau Shanhu yang dibangun bersebelahan. Danau Shanhu ini yang merupakan bagian dari "Dua Sungai dan Empat Danau yang mengitari kota Guilin yaitu Sungai Li, sungai Taohua (Peach Blossom), danau Mulong, danau Guihu, danau Ronghu dan danau Shanhu.

Pagoda ini dikenal juga dengan nama pagoda matahari dan pagoda bulan. Pagoda Matahari merupakan pagoda perunggu tertinggi didunia dengan tinggi sekitar 41 meter, juga merupakan pagoda tertinggi di dunia dengan elevator dan juga pagoda tertinggi di dunia diatas air. Pada saat malam hari pagoda ini akan memancarkan warna kuning emas sehingga pagoda ini disebut juga golden pagoda.

Sedangkan pagoda bulan dibuat dari kaca berwarna dengan tinggi sekitar 35 meter, yang akan memancarkan warna perak pada malam hari ini sehingga itu disebut juga silver pagoda. Kedua pagoda ini dihubungkan tunnel kaca dibawah air sepanjang 10 meter. Pagoda ini lebih menarik dikunjungi saat malam hari karena kelihatan lebih indah. Tertarik masuk ke dalam pagoda? Uang masuk sekitar CNY 35 (check website untuk harga terupdate), dari atas twin pagoda ini, kita bisa melihat kota Guilin dari ketinggian.

Di area "Two River dan Four Lakes" ini banyak spot menarik untuk dikunjungi, salah satunya crystal bridge yang selalu berubah warna. Jadi jangan langsung pulang setelah dari twin pagoda. Malas jalan kaki? Bisa naik cruise untuk mengitari area ini. Harga cruise tergantung lama sailing dan jeni kapal, dimulai dari CNY 75.

4. Gua Reed Flute
Gua ini berjarak sekitar 7km dari pusat kota Guilin, merupakan gua terbesar dan paling menarik di Guilin. Dulunya terdapat bambu yang cukup langka di luar gua ini yang bagus untuk dibuat seruling, dari sinilah datangnya nama gua ini. Kedalaman gua ini sekitar 240 meter, keindahannya seperti istana bawah tanah yang dipenuhi oleh batu batu berharga, batu karang dan giok.

Ada sebuah legenda tentang keindahan gua ini. Seorang pelajar (scholar) datang mengunjungi Gua Reed Flute dan mencoba untuk menulis puisi untuk mengungkapkan keindahan gua ini, tetapi karena kelamaan menemukan kata-kata yang cocok, dia akhirnya berubah menjadi batu.

Untuk menambah keindahan gua ini, dipasang lampu warna-warna didalam gua untuk menonjolkan formasi-formasi batu yang berbentuk seperti burung, tumbuhan dan binatang lainnya. Gua ini juga merupakan salah satu lokasi syuting film Sun Go Kong.

5. Longji Terraced Fields
Longji Terrace fields ini disebut juga "Longsheng Rice Terraces" dan juga dikenal dengan nama "Dragon's backbone Rice Terraces". Rice Field ini berada daerah Longsheng, sekitar 80km dari Guilin. Longji Terraced Fields ini disebut-sebut sebagai seni agriculture yang menakjubkan. Disebut sebagai Dragon's backbone karena rice field ini terlihat seperti punggung naga dari atas gunung. Rice field ini merupakan salah satu yang paling cantik di dunia.

Baca juga : Cara beli tiket kereta di China

Lonji Rice Terrace ini sangat luas, kurang lebih 16.308 hektar yang berada di lereng bukit dengan ketingggian sekitar 300m-1100m. Rice terrace yang paling terkenal adalah di area Ping'an dan Jinkeng Terraced Fields, masing-masing dengan keindahan sendiri. Jika hanya punya waktu 1 hari bisa mengunjungi salah satu diantara Ping'an Rice Terrace Field ataupun Jinkeng Terrace Fields. Mau mengunjungi keduanya? Alokasikan minimal 2 hari untuk bisa mengunjungi tempat tersebut.

Kalau punya waktu terbatas sebaiknya ikut tour dari Guilin saja, karena tidak perlu ribet memikirkan transportasinya. Tapi menurut saya harga tournya cukup mahal, jadi saya tidak mengunjunginya dan sejujurnya saya kurang tertarik karena saya berasal dari daerah pegunungan yang melihat ladang/sawah sudah biasa sehingga saya tidak mau membayar mahal untuk melihat hal yang mirip mirip dengan daerah saya.

6. Yangshuo
Saat di Guilin jangan lupa mampir ke kota Yangshuo yang berjarak sekitar 1,5 jam dari Guilin dengan bus atau bisa juga ke kota ini dengan naik cruise dari Yangshuo. Kota ini juga salah satu kota favorit saya selama 21 hari perjalanan saya di China kemarin.

Di kota ini juga kita bisa menikmati keindahan sungai Li dengan bukit-bukit karst-nya yang mempesona dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan mengambil cruise di Guilin. Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan disini adalah explore Sungai Li dengan bamboo raff. Seru dan pemandangannya sangat indah. Selain itu sebenarnya masih banyak tempat wisata dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Yangshuo. Untuk lebih detailnya bisa dibaca dalam post berikut "Tempat wisata di Yangshuo.

7. Wisata kuliner di Zhengyang Pedestrian Street
Zhengyang Pedestrian Street ini tidak jauh letaknya dari Twin Pagoda, jadi jalan kaki saja bisa. Di area ini banyak toko-toko penjual oleh-oleh, makanan dan lainnya. Tapi yang paling menarik di food street area-nya, disini kita bisa nyobain jajanan pinggir jalan. Terdapat restaurant-restaurant kecil juga di daerah ini.


You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar