Skip to main content
TravelNimble

follow us

Informasi Singkat Traveling ke Korea Selatan

Sebelum berkunjung ke negara lain, saya punya kebiasaan "wajib" untuk membaca informasi mengenai negara tersebut. Selain menambah pengetahuan mengenai daerah tersebut, informasi ini berguna untuk menyusun itinerary sesuai dengan durasi kunjungan. Itinerary yang disusun tidak selalu bisa dieksekusi sepenuhnya tetapi setidaknya kita punya gambaran mengenai rencana perjalanan.

Memang menyusun itinenary itu tidaklah mudah apalagi kalau kita ingin mengunjungi banyak kota dan tempat wisata dengan waktu yang terbatas, ketepatan waktu sangat penting. Saya

Beberapa hal penting yang wajib kamu tahu dan persiapkan sebelum berkunjung ke Korea Selatan.

A.Visa
Visa ini adalah dokumen perjalanan tambahan terpenting yang harus kita buat sebelum berangkat ke Korea, karena sematang apapun itinerary kita dan sebanyak apapun uang yang akan kita habiskan di Korea, tanpa visa ini tetap saja kita tidak diijinkan untuk masuk ke Korea Selatan. Terus bagaimana cara mendapatkannya? Langsung aja baca di detailnya di post berikut "cara membuat visa Korea Selatan".

B. Itinerary
Sebelum menyusun itinerary sebaiknya kita tahu musim yang akan/sedang berlangsung pada saat kunjungan kita karena beberapa tempat wisata memiliki open hours yang berbeda di musim tertentu, selain itu kita juga tahu jenis pakaian yang harus kita bawa.

Kapan sebaiknya mengunjungi Korea? Kalau saya hampir di setiap musim senang kecuali di musim panas di bulan Juni, Juli dan Agustus. Karena selain musimnya tidak special buat saya, di musim ini biasanya cuaca sangat panas, juga resiko untuk typoon lebih besar.

Musim terbaik menurut saya? Musim semi akhir Maret - May dan musim autumn Oktober sampai Nopember. Landscapenya kelihatan jauh lebih menarik. Musim dingin juga menarik asalkan kamu kuat dengan dingin.

C. Akomodasi
Banyak sekali pilihan akomodasi yang kita pilih, tergantung dari budget dan lokasi. Harga-nya pun menurut saya tidak semahal negara tetangganya, Jepang. Harga 1 bed di kamar dormitory bisa kita dapatkan mulai dari IDR 50.000. Ini kamarnya sudah lumayan bersih dan tempatnya strategis.

Selain akomodasi biasa yang bisa kita temukan di kota lain, kamu wajib coba jenis akomadasi lain yang ada di Korea ini.
1. Temple Stay
Sudah dua kali saya ke Korea, tapi saya belum sempat mencoba tinggal disini. Next time saya pasti coba.
2. Hanok Stay
Budgetnya masih di luar kantong saya. Paling murah sekitar IDR 500.000/malam/orang
3. Jjimjilbang (spa)
Dua kali saya ke Korea, dua kali pula saya selalu menginap disini. Selain menginap kita bisa menikmati hampir semua fasilitas yang ada di sauna ini.


Baca juga : Menginap di Jjimjilbang Korea

D. Transportasi dan Navigasi
Transportasi di Korea sangat banyak mulai dari bus, kereta (local dan luar kota) dan juga subway (05.00.24.00). Pembayaran subway/bus bisa menggunakan T-Money atau cash tetapi T-Money lebih murah sekitar 100 won/trip daripada cash. Selain T-Money ada juga Seoul Pass (day pass) yang dibeli dengan fix rate dengan maximum naik turun bus/subway dalam 1 hari 20x.

Saya di Korea selalu mengggunakan T-Money karena menurut saya lebih menguntungkan dibanding day pass karena rasanya tidak mungkin saya naik turun subway lebih sampai 20x dalam sehari. T-Money ini bisa digunakan hampir di semua kota di Korea walaupun sebenarnya di masing-masing kota punya kartu subway sendiri.

Untuk aplikasi bis dan subway bisa didownload di playstore, jauh lebih mudah menggunakan ini daripada map konvensional. Saya menggunakan "Subway Korea" dan untuk Navigasi saya menggunakan "Naver Map" selain "google map.

Untuk navigasi offline saya menggunakan MAPS ME atau MAPS OFFLINE lainnya sebagai backup. Jangan lupa sebelum dipakai kita harus install maps offline dari kota kota yang akan kita tuju. Kekurangannya menurut saya adalah tidak semua nama/alamat lokasi bisa di ditemukan dengan aplikasi ini, penggunaan latitude sangat disarankan.

1. Transportasi airport - Seoul
a. Airport Railroad Express (AREX) - All Stop Train
All stop train (dari seoul start 5.20am), 56 menit biaya sekitar 4,250 WON, pembayaran bisa menggunakan T-money
b. Airport Railroad Express (AREX) - Express train
Perjalanan sekitar 43 menit biaya sekitar 14.800 Won, beli tiket di counter tersendiri di airport. Atau bisa juga beli online biasanya lebih murah. Hanya berhenti di beberapa station tertentu saja.
2. Airport bus
Tiket bisa dibeli dilantai 1 terminal kedatangan atau bisa juga online. Harga tiket bus deluxe sekitar 14.000 Won - 16.000 Won sedangkan kalau standard limousine bus sekitar 9000 Won - 10000 Won dengan lama perjalanan sekitar 1.5 jam
3.Taxi
Jenis taxi yang bisa digunakan ada 2 yaitu regular (abu-abu) dan deluxe (hitam) dengan biaya sekitar 60.000-100.000 Won tergantung daerah hotel dan jenis taxi yang dipilih.

2. Transportasi antar-kota
Selain pesawat ada beberapa pilihan transportasi yang dapat dipilih yaitu kereta cepat (KTX), kereta lambat (Mugungwha) yang tentunya harga kereta cepat jauh lebih lambat. Tetapi jarak tempuh pun berbanding lurus dengan harga. Contohnya kalau ke Busan, dengan kereta cepat hanya sekitar 3,5 jam sedangkan kalau Mugungwha lama perjalanan 5-6 jam.

Selain itu ada juga pilihan naik bis yaitu bis express dan juga bis regular. Hampir sama dengan kereta, harga bis express lebih mahal dari regular, dengan jarak tempuh juga lebih pendek.

Untuk informasi lengkap bis dan kereta bisa dilihat di web dibawah ini :
1. Bis, di kobus
2. Kereta, di korail
3. Bis, di asiaplanet
4. Bis dan kereta, visitkorea

E. Komunikasi dan Internet
Banyak option yang tersedia mulai dari mengaktifkan roaming internasional, membeli sim card lokal ataupun rental wifi. Jika kamu traveling lebih dari satu orang, saya sarankan sebaiknya rental wifi saja karena jauh lebih murah. Apalagi sekarang banyak voucher voucher discount yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan harga yang murah.

F. Money Changer
Sebaiknya tukar secukupnya dari Indonesia atau kalau mau menukar di Korea, sebaiknya membawa USD dan jangan ditukar di airport (karena exchange ratenya rendah).

Berdasarkan pengalaman, penarikan tunai saya rekomendasikan. Pada hari yang sama saya tarik tunai dengan rate 10.9 sementara saat saya belanja dengan kartu kredit (CIMB Niaga) exchange rate yang digunakan 11.44, dan waktu beli tunai di Indonesia (ambassador) ratenya 11.4. Tetapi untuk penarikan tunai ini ada biaya yang dibebankan sekeitar 20.000-50.000 WON.

G.Foto dengan Hanbok
Di beberapa tempat dibawah ini, kita bisa "menumpang" foto dengan hanbok Gratis. Tentunya lokasinya hanya berada di dalam gedung tersebut. Ingin jalan-jalan dengan Hanbok di Korea? Kamu bisa sewa hanbok seharian. Manfaatkan voucher discount dari internet untuk mendapatkan potongan harga yang lumayan.

1. Hanbok Seoul Global Cultural Center, gedung M. Plaza lantai 5 Myeongdeong 8-Gil - FREE
2. Myeongdeong Tourist Information Centre - FREE
3. Kantor Pusat KTO - FREE
4. Deoksugong Palace - FREE

Punya informasi mengenai Korea yang lebih update? Share yuk.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar