Skip to main content
TravelNimble

follow us

Panduan dan Informasi Membuat Visa Rusia

Rusia merupakan negara ketiga yang saya kunjungi dalam trip panjang lima bulan kemarin. Dan seperti visa Schengen, visa Rusia ini juga saya urus di Jakarta sebelum keberangkatan. Sebenarnya visa Rusia ini bisa saya apply di China atau Singapore, negara kunjungan kedua dan pertama dalam rute trip panjang tersebut, tetapi saya menghindarinya untuk mencegah kendala yang tidak diinginkan.

Berbeda dengan visa Schengen dan visa China, belum begitu banyak informasi yang beredar di dunia maya mengenai cara membuat visa Rusia ini. Untuk mendapatkan beberapa informasi yang lebih jelas, saya mampir ke kedutaan Russia untuk tanya-tanya, kebetulan saya tinggal dekat dengan kedutaan Rusia.

Nah untuk itu, saya akan share panduan dan informasi membuat visa Rusia. Panduan dan informasi membuat visa Rusia ini berdasarkan pengalaman saya tahun 2018 kemarin.

1. Dapatkan Confirmation Letter (Visa Support) dari Travel Agent di Rusia
Dokumen ini adalah dokumen penting dan utama yang harus diurus sebelum mengajukan permohonan Visa Rusia, buatlah visa support ini pada travel agent yang direkomendasikan oleh kedutaan Rusia. Visa Support ini harus menunjukkan nomor referensi dan nomor confirmation letter dan wajib dalam bahasa Rusia.

Selain travel agent, visa Support ini bisa kita dapatkan dari hotel tempat kita menginap (biasanya bintang tiga keatas). Tetapi kebanyakan pihak hotel hanya akan memberikan sesuai dengan lama stay kita di hotel tersebut. Jadi kalau kita pindah-pindah kota dan hotel maka hal ini akan sangat ribet, apalagi kita harus mengiri nomor konfirmasi ini nantinya di form aplikasi visa.

Jadi sebaiknya beli saja dari Travel Agent Rusia yang bagus. Dan pilihan saya jatuh BRONEVIK. Selain karena travel agent ini direkomendasikan oleh kedutaan Rusia, customer servicenya sangat responsive ketika saya tanya-tanya sebelum apply.
Saya mengambil layanan 24 jam dan membayar biaya USD 24 dengan melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Tidak sampai 24 jam, Visa Support sudah landing di inbox email saya.

Baca juga : Itinerary tiga minggu di Rusia

Caranya seperti apa? Sangat gampang. Masuk ke dalam website travel agent yang dipilih, isi dan lengkapi form-nya. Jangan lupa isi lengkap detail itinerary kita, seperti kota yang kita kunjungi dan hostel tempat kita menginap. Karena informasi ini penting saat submit dokumen ke kedutaan. Setelah lengkap, submit. Dan dalam hitungan kurang dari 24 jam kamu sudah mendapatkan visa support ini. Visa Support tidak perlu asli, cukup diprint saja (disarankan warna).

2. Mengisi Visa Application Form Online
Setelah mendapatkan Visa Support, maka kita sudah bisa mengisi form aplikasi yang ada di website http://visa.kdmid.ru. Lengkapi semua data yang diminta. Setelah selesai cetak pada kertas A4 atau kertas yang berukuran ‘Letter'.

3. Submit dokumen Persyaratan Visa Rusia ke kedutaan Rusia.
Sebelum ke kedutaan pastikan dokumen dibawah ini sudah lengkap agar tidak bolak balik ke kedutaan.
a. Visa Application Form yang sudah dicetak dan ditandatangani dan ditempel pasphoto
b. Paspor asli yang masih berlaku setidaknya 6 (enam) bulan beserta fotokopinya
c. Dua lembar foto berwarna, berukuran 3,5×4,5 dengan latar belakang putih
d. Confirmation Letter (Visa Support) yang sudah kita dapatkan dari travel agent.
e. Tiket pesawat/kereta/bus untuk masuk dan keluar Rusia
Disarankan agar melampirkan tiket yang sudah confirm/issued. Karena saya tidak terbang langsung dari Jakarta ke Rusia, maka saya melampirkan tiket pesawat Jakarta - Singapore, tiket pesawat Beijing - Irtkutsk dan tiket bis St. Petersburg - Tallinn,Estonia.
f. Hotel booking di Russia
Banyak sekali informasi yang beredar bahwa bukti hotel ini harus merupakan invoice/konfirmasi dari hotel yang kita booking atau bisa dari bukti booking dari platform online seperti booking.com dan agoda tetapi harus SUDAH DIBAYAR. Jadi kebayang ribetnya mencari hostel yang sesuai dengan yang kita mau dan yang no refundable agar kita bisa mendapatkan BUKTI BAYAR ini. Apalagi seperti saya yang pindah pindah lebih dari 7 kota.


Baca juga : Pengurusan Visa untuk trip lima bulan

Sebenarnya di website kedutaan Rusia, mereka hanya meminta point a s/d e, tetapi kenyataannya saat submit aplikasi visa rusia, hotel booking ini juga diminta. Dokumen lain seperti rekening koran, itinerary, asuransi perjalanan tidak diminta. Tetapi jika kamu ingin menyertakan dokumen tersebut, silahkan saja.

TIPS: Datanglah agak pagi, karena kalau nomor antrian sudah habis kamu tidak akan bisa masuk lagi. Biasanya nomor antrian ada di letakkan di gerbang, berupa kertas kecil yang sudah diprint. Ambil nomor ini satu dan tunggu pangilan didalam.
Kedutaan Rusia ini modelnya tertutup, tidak ada security yang standby di dekat gerbang seperti kedutaan lainnya dan pagar mostly tertutup kecuali ada orang yang keluar. Mungkin mereka pantau memalui CCTV, jadi kalaupun gerbang belum terbuka saat kamu datang, tunggu saja dekat gerbang, mereka akan membuka gerbang saat mereka sudah melihatmu berdiri di dekat gerbang.

4. Bayar biaya visa sesuai dengan service pilihanmu.
Untuk single entry (normal service, proses 4 s/d 20 hari kerja) USD 80, sedangkan kalo express biayanya USD 160 dengan lama proses sekitar 1 s/d tiga hari. Pembayaran hanya dengan menggunakan cash. Bisakah membayar dengan Rupiah? Ya bisa, tetapi rate yang digunakan oleh kedutaan Rusia lebih tinggi dari harga rata-rata, jadi saya sarankan mending bayar pakai USD, tukar di money changer.

Saya sebenarnya ingin apply single entry normal service tapi karena satu issue saya harus buat express, jadi saya terpaksa membayar USD 160. Saat submit aplikasi, blanko untuk membuat visa secara normal habis. Optionnya saya harus menunggu kurang lebih 2-3 minggu atau menggunakan express. Untuk menuggu 2-3 minggu tidak akan bisa, karena tiket pesawat Singapore-Guangzhou sudah saya issue,jadi mau tak mau harus bayar double.

6. Mengambil Visa Rusia pada Tanggal yang Telah Ditetapkan
Setelah bayar kita akan diberikan bukti bayar dan juga informasi kapan visa kita bisa diambil. Nah, pada tanggal yang ditentukan tinggal ke kedutaan deh mengambil paspor kita. Biasanya jangka waktu kunjungan di visa yang diapproved hanya sesuai dengan bukti masuk dan keluar kita, sama sekali tidak ada lebihnya walau sehari.


Beberapa informasi penting mengenai visa Rusia yang mungkin berguna.

1. Jangan apply visa dengan passport yang akan expired.
Jika kamu mendapatkan passport baru sementara visa Russia berada di passport lama, maka visa Russia tidak akan berlaku lagi. Kamu harus apply baru atau harus melakukan transfer visa yang biayanya sama saja mahal.

2. Apakah Hotel booking memang benar harus sudah bayar?
Pada saat submit dokumen di kedutaan, saya mendapatkan konfirasi dari petugas penerima dokumen bahwa hal ini sebenarnya tidak wajib. Jadi cukup melampirkan bukti booking dari platform online saja, tidak wajib yang sudah bayar. Tapi jika kamu ingin melampirkan yang sudah bayar ya silakan saja. Atau cukup lampirkan 1 saja yang sudah bayar atau konfirmasi/hotel booking dari pihak hotel. Tidak perlu semuanya.

Baca juga : Rekomendasi Hostel di Irkutsk

3. Apakah selama di Rusia kita harus tinggal di hostel sesuai dengan confirmation letter/visa support?
Pertanyaan ini pernah saya lemparkan ke forum dan ada yang bilang harus ada juga yang bilang tidak. Saya sempat juga meng-email ke pihak Brovenik dan mereka menyarankan agar sesuai dengan visa support agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Kenyatannya, saat di Rusia saya pernah tinggal di hostel yang berbeda dengan hostel saya di Visa Support dan tidak ada masalah yang terjadi selama saya di Rusia maupun saat keluar dari Rusia.

4. Visa Register
Visa Register adalah salah satu hal penting yang harus kamu lakukan saat sampai di Rusia. Jangan sampai telat, karena kalau telat atau tidak melakukan kamu akan dikenakan denda saat keluar dari Rusia ataupun kalau ada razia. Visa register ini harus dilakukan maximum 7 hari setelah kedatangan di Rusia.
Jangan kuatir, biasanya pihak hotel akan melakukan visa register ini untuk kita, karena sebenarnya mereka juga wajib melakukan ini kalau tidak ingin kena teguran. Beberapa hostel memberikan layanan ini dengan gratis tetapi ada pula yang membebankan biaya, biasanya sih sekitar 100-300 RUBEL.

Jangan sampai bukti visa register pertama kali dan bukti masuk dari imigrasi ini sampai hilang ya, simpan baik baik. Biasanya setelah visa register akan stamp khusus di visa kita.

5. Apakah visa Register ini wajib dilakukan di setiap kota/hostel?
Tidak ada informasi yang jelas yang saya dapatkan sebelum berangkat ke Rusia. Tetapi kesimpulan yang saya dapatkan adalah, Harus Register pertama sekali sampai Rusia maximum 7 hari. Setelahnya kita wajib untuk register lagi jika kita pindah kota dan tinggal di kota tersebut sampai dengan 7 hari.


Tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Saya mendapatkan register pertama sekali H+1 saat sampai di Khuzir. Kemudian visa saya diregister lagi di H+7 di Kazan, kemudian H+10 di Nizhny Novgorod. Di Nizhny Novgorod ini mereka bilang wajib untuk register walupun belum 7 hari dan saya tidak ada rencana tinggal 7 hari di kota ini. Tetapi saat di Moscow dan St Peterburg malah visa saya tidak diregister sama sekali. Untungnya di masing masing kota ini saya tinggal kurang dari 7 hari. Dan waktu saya keluar dari Rusia tidak ada masalah sama sekali padahal saya deg deg-an.

Kesimpulan: Sepertinya yang paling penting adalah register pertama sekali itu, karena setelah itu saya tidak melihat bukti apa-apa di dalam paspor. Dan juga saya tidak diberikan bukti register visa ini di kota lain. Tetapi jika hostel meminta untuk register, sebaiknya ikuti saja dan jika biaya yang mereka bebankan tidak terlalu mahal sebaiknya register saja di setiap kota yang kamu kunjungi biar tidak deg deg-an seperti saya.


Semoga panduan dan informasi ini cukup membantu, jika ada hal lain yang dibutuhkan silahkan comment ya. Sebisa mungkin akan saya jawab.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar