Skip to main content
TravelNimble

follow us

Cara Membuat Visa Korea Selatan

Traveling ke Korea Selatan tanpa travel agent ? Kenapa tidak! Tapi sebelumnya jangan lupa buat visa dulu ya. Karena bagi kita warga negara Indonesia, harus memiliki Visa agar bisa traveling ke Korea Selatan. Dokumen perjalanan ini adalah yang terpenting. Karena sematang apapun itinerary kita di Korea Selatan dan sebanyak apapun dana yang akan dihabiskan di Korea, tanpa visa ini tetap saja kita tidak bisa masuk ke Korea Selatan.

Bagaimana pembuatannya? Dimana membuatnya? Dokumen apa saja yang perlu disiapkan? Ribet ga sih? Menurut saya tidak sama sekali.

Berikut ya langkah-langkahnya.

1. Lengkapi Dokumen Persyaratan untuk pembuatan Visa untuk tujuan wisata
  • Mengisi lengkap form aplikasi visa yang bisa didownload dan diprint dari website ini
  • Pasphoto 1 lembar dicetak dengan background putih dengan ukuran 3.5 x 4.5, tempel di form aplikasi 
  • Paspor asli dan fotocopy paspor halaman identitas 1 lembar
  • Surat keterangan/referensi bekerja bagi yang bekerja atau surat keterangan mahasiswa/pelajar untuk mahasiswa/pelajar atau SIUP bagi yang wiraswasta.                                                    Surat Keterangan Kerja/ pelajar harus asli berkop surat dilengkapi dengan tanda tangan penanggung jawab asli, logo dan stempel sekolah/perusahaan, serta tertulis tanggal masuk sekolah, masa bekerja, jabatan, dan nomor tim HRD yang bisa dihubungi Note: dari informasi yang saya peroleh, untuk pelajar bisa juga melampirkan kartu pelajar saja.
  • Bukti keuangan minimal 2 dari beberapa option yang diberikan (berlaku mulai 27 Mei 2019). Silahkan pilih dua dari 6 option berikut : (1) Rekening Koran 3 bulan terakhir (tidak boleh fotokopi buku tabungan) (2) Slip gaji 3 bulan terakhir (3) SPT 1721 A1/A2 atau SPT 1770/1771 (4) Penggunaan kartu kredit selama 3 bulan terakhir (5) Surat bukti kepemilikan kendaaraan atau rumah (6) Surat bukti kepemilikan asset berharga
  • Copy KTP dan KK


2. Tempat pembuatan Visa Korea dan biayanya
Dulunya pengurusan visa ini dilakukan di Kedutaan Korea Selatan di Jalan Jenderal Gatot Subroto, tetapi mulai tanggal 2 Mei 2019 pembuatan visa Korea Selatan khususnya perorangan hanya bisa dilakukan di Korea Visa Application Center (KVAC) yang berada di Lottle Shopping Avenue lt. 5. Kedutaan Korea masih menerima pengajuan Visa Khusus antara lain Visa Diplomat, Visa Pejabat Pemerintah dan Group Visa.

Pembuatan visa di KVAC ini dikenakan tambahan biaya IDR 196.000/orang, tetapi dibandingkan dengan pembuatan Visa di Kedutaan Korea menurut saya pengurusan visa disini lebih nyaman. Ini berdasarkan pengalaman saya membuat visa di Kedutaan pada tahun 2016 kemarin di Agustus 2019 di KVAC.

Jam operasi KVAC ini lebih panjang, buka mulai jam 09.00 - 17.00. Submit dokumen dilayani dari jam 09.00 - 15.00 dan pengambilan paspor dari jam 11.00-17.00. Kalau dulunya di kedutaan submit dokumen hanya pagi dan pengambilan setelah makan siang. Counter yang melayani juga lebih banyak sehingga proses antri lebih cepat. Mau tanya-tanya dulu sebelum datang? Bisa langsung hubungi costumer service di 021 3950 4000 atau bisa juga di-WhatsApp di nomor 0812 9339 5148.

Lalu berapa biaya untuk pengurusan visa ini? Biaya untuk single entry IDR 576.000 + IDR 196.000 = IDR 772.000,- yang bisa langsung dibayarkan langsung di KVAC. Untuk jenis Visa lainnya dan biayanya bisa dibaca lengkap di website KVAC ataupun website kedutaan.

Saat datang di KVAC, ambil nomor antrian di mesin, kemudian tunggu nomor antrian kita dipanggil. Setelah dipanggil, petugas akan mengecek kelengkapan dokumen dan kalau dokumen sudah lengkap, petugas akan memberikan selembar kertas untuk pembayaran di kasir dan juga nantinya akan berfungsi sebagai bukti pengambilan. Setelah kasir menerima pembayaran (CASH ONLY), kasir akan memberikan Visa Stamp dan Visa Stamp ini harus kita serahkan kembali ke petugas counter yang pertama sekali melayani kita.

Dan proses Visa sudah selesai, kita tinggal menunggu kabar apakah visa kita diapprove atau tidak. Proses visa ini biasanya 6 hari kerja, pada hari yang ditentukan tinggal datang ke KVAC untuk ambil passport.

Penasaran dengan status visa kamu? Access langsung di portal pengecekan status Visa. Kalau statusnya udah Ready walaupun belum 6 hari, kamu sudah bisa ambil paspor tapi sebaiknya hubungi pihak KVAC dulu.

Visa Multiple Korea 5 Tahun
Selain single visa, kita bisa juga apply visa Multiple. Untuk mendapatkan Visa Multiple Korea yang berlaku 5 tahun ini sekarang menjadi lebih mudah dan persyaratannya sedikit lebih gampang karena BUKTI KEUANGAN TIDAK DIBUTUHKAN. Jadi applicant cukup melampirkan dokumen persyaratan sesuai dengan single Visa (tanpa bukti keuangan) ditambah dengan dokumen tambahan sesuai dengan kriteria applicant Visa Multiple ini.

Besarnya biaya untuk visa multiple ini sekitar IDR 1.296.000 + IDR 196.000 = 1.492.000,- Pemegang Visa Multiple Korea ini bisa bolak balik ke Korea (unlimited) selama 5 tahun dengan lama stay maximum 30 hari setiap kunjungan. Biasanya passpor selesai dalam 3 hari kerja.

Jadi siapa saja yang bisa membuat Visa Multiple ini?
  1. Orang yang pernah mengunjungi Korea lebih dari 1x, tidak termasuk transit atau mengunjungi pulau Jeju tanpa visa, syaratnya: Dokumen yang membuktikan pernah keluar masuk Korea (Fotocopy visa Korea)
  2. Orang yang pernah mengunjungi 22 negara OECD => Dokumen yang membuktikan pernah keluar masuk negara OECD (Fotocopy visa dan stamp dari negara OECD yang ada di dalam halaman paspor)     22 Negara OECD : Austria, Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Yunani, Islandia, Irlandia, Italia, Luksemburg, Netherland, New Zealand, Norwegia, Portugal, Spanyol, Swedia, Swiss, Inggris, Amerika, Kanada, Australia, Finlandia,
  3. Pegawai Negeri Sipil=> Surat Keterangan Kerja Asli
  4.  Pegawai BUMN => Surat Keterangan Kerja Asli
  5. Pegawai Badan Penerbangan dan Perkapalan yang menuju Korea => Surat Keterangan Kerja Asli
  6. Orang dengan penghasilan lebih dari US$ 8.000 per tahun => SPT tahun sebelumnya Asli
  7. Suami/ istri serta anak-anak dari orang Korea yang berkewarganegaraan asing yang tinggal di Indonesia => Sertifikat keluarga Korea
  8. Orang yang menempuh pendidikan dan lulus dari Universitas di Korea => Diploma atau Ijazah asli dan fotocopy
  9. Suami/ istri, anak-anak di bawah umur, orang tua, serta mertua dari pemegang visa multiple kunjungan sementara (C-3) yang masih aktif => Fotocopy paspor dan visa pemegang visa multiple dan Dokumen bukti kekeluargaan

Selain ini terdapat juga Visa Multiple 10 Tahun tetapi kualifikasinya tidak semudah yang lima tahun. Apakah kamu kualified untuk visa multiple 10 tahun ini? Bisa cek persyaratan lengkapnya di website kedutaan Korea


TIPS
1. Susun dokumen persyaratan sesuai dengan urutan pada poin 1
2. Jangan lupa membawa paspor lama (kemarin saya diminta)
3. Apply visa jauh-jauh hari agar jika ada dokumen yang harus dilengkapi lagi kita masih punya waktu, tetapi jangan kejauhan juga ya karena visa berlaku 90 hari dari tanggal issued bukan dari tanggal keberangkatan
4. Sebaiknya datang agak pagi (jam 9-10) agar tidak perlu menunggu lama. Saya sampai dkedutaan jam 10.20 baru kelar jam 11.30, kalau datang pagian paling cuma 20-30 menit. Kemarin saat submit di KVAC saya datang jam 09.00 pagi, jam 09.10 proses pembuatan visa saya sudah selesai. Jauh lebih cepat dibandingkan di Kedutaan kan?
5. KVAC buka jam 09.00 tetapi Lotte Avenue baru buka jam 10.00. Masuklah dari pintu karyawan yang disebelah JJ Royal Brasserie.
6. Berapakah saldo yang harus ada di buku tabungan? Sebenarnya tidak ada peraturan tertulis, tetapi sebaiknya bisa mencover selama kita disana dengan asumasi pengeluaran perhari 1 juta jadi dikalikan saja dengan jumlah hari kita disana. Apakah bisa kalau lebih kecil? Ada juga kok yang diapproved, yang penting jangan sampai tiba tiba sebelum pengajuan visa saldo rekening tiba-tiba membengkak, takutnya malah menimbulkan kecurigaan.
7. BAGI YANG TIDAK BEKERJA, siapkan saja surat pernyataan diatas materai yang isinya mengenai siapa yang menanggung biaya dan bahwa selama di Korea tidak akan bekerja. Kalau punya surat pengalaman kerja sebelumnya, lampirkan saja sekalian.




You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar