Skip to main content
TravelNimble

follow us

Hampir dibohongi oleh driver tricyle Puerto Princesa

Sebelumnya saya memang sudah research mengenai transportasi keluar dari bandara Puerto Princesa yaitu dengan tricyle. Kalau mau murah jalan keluar dari bandara dulu atau kalau pintar nego bisa langsung deal dari dalam bandara. Kami sebenarnya ingin berjalan keluar bandara saat seorang driver trycyle menghampiri dan menanyakan tujuan kami. Kira-kira beginilah percakapan yang terjadi :
Driver : Tricyle……...Where? (sambil mendekati kami)
Me : San Jose terminal, how much?
Driver : El Nido?
Me : Yes, going to El Nido
Driver : 50 peso
Me : Ok (dalam hati berguman murah banget nih)

Naiklah kami ke tricyle, merasa senang mendapatkan harga murah tanpa perlu nego lama. Tak lama kemudian, si driver tiba tiba berhenti tidak jauh dari gate masuk bandara.
Driver : "El Nido" ,sambil menunjuk van disisi kanan jalan dan seorang lelaki menghampiri mungkin si van driver.
Van driver : El Nido? Let’s go. We are about to leave. This is the last van to El Nido
Me : No, I am going to San Jose terminal. I am taking RORO bus
Van driver : But the bus will leave about 6pm or 8pm, it is late.
Me : I wanna take 10pm bus (to van driver). I said San Jose terminal (to tricyle driver).
Van driver menjelaskan dalam Bahasa tagalog ke tricyle driver dan kemudian menjelaskan bahwa kalau ke San Jose saya harus menambah biaya lagi, tariff resmi PHP 120.
Me : No problem (sudah terlanjur gondok)

Akhirnya tricyle berjalan kembali, tapi tampaknya si driver ogah ogahan dan sibuk melihat ke hpnya. Tak lama kemudia ia berhenti kembali (feeling saya sudah nggak enak)
Driver : Sorry, I call my wife. My wife is here (nunjuk kearah jalan di depan), I have to pick her (kemudian memanggil tricyle yang lain). You go with my friend.
Me : It is ok. Just drop us at junction (kurang lebih Cuma 5 menit lagi), I will go by multicab
Driver :Junction? Okay…okay (semangat 45)

Lalu si driver mengantarkan kami ke junction tempat kami harus menunggu multicab. Mungkin saking senangnya, si driver mau nungguin kami dapat multicab. Sepertinya dia tiba-tiba lupa alasannya tadi tidak mau mengantarkan kami ke San Jose. Setelah saya suruh pergi, baru ia pergi dan tampaknya ia sangat senang begitu PHP 50 berpindah ke tangannya.

Sepertinya si driver trycyle merasa bahwa kami bisa dibodohi, karena jelas jelas saya minta diantar ke San Jose terminal tapi dia malah mengantarkan ke tempat van yang ke El Nido. Untung kita ngotot nggak mau turun awalnya, karena dengar informasi mendingan naik RORO bus dibanding van karena lebih sempit.

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar