Skip to main content
TravelNimble

follow us

Cari Teman Sharing Sewa Tricyle ke Terminal San Jose, kenapa tidak?

Setelah didrop di persimpangan oleh si bapak tricyle, kami harus menyambung dengan multicab lagi ke terminal San Jose. Setiap multicab dengan jurusan San Jose kami stop, tapi tidak ada yang berhenti karena sudah penuh. Entah sudah berapa lama kami berdiri di pinggir jalan dan berapa multicab yang kami coba hentikan, tapi kami tidak juga mendapatkan multicab yang kosong. Dan saya harus pikir harus mencari option lain, mungkin mengajak orang orang yang sedang menunggu juga untuk sharing tricyle ke terminal San Jose Puerto Princesa.
Saya mendengar pria (lets call him James) disebelah kanan saya mempunyai tujuan San Jose terminal, dengan pedenya saya pun menegur.
Me : Are you going to San Jose Terminal?
James : Yes
Me : Wanna go together in tricyle and sharing the cost? (ia tampak bingung) How much is the cost to San Jose by tricyle?
James : 50 peso
Me : For 1 tricyle or per person?
James :Per person
Aku mulai mencium “bau-bau” nggak enak, sehingga kuputuskan tidak jadi melanjutkan misiku untuk mengajak dia sharing cost tricyle ke terminal San Jose.

Disebelah kiriku berdiri sepasang pria dan wanita dengan backpack mereka, sepertinya mereka juga mempunyai tujuan yang sama dengan kami, jadi aku menghampiri mereka. Demi biaya yang murah, aku harus gigih dan pede.
Me : Hai, are you going to San Jose terminal? (sok akrab)
Si wanita : Yes (memandangku dengan aneh)
Me : Me too. How if we take the tricyle and we share the cost?
Si wanita : How much?
Me : I don’t know, but I guess less than PHP 100, we can bargain (belum punya ide kalo mereka orang Filipina)
Si wanita : Okay, Let’s ask.

Karena mereka orang lokal, akhirnya mereka yang menego harga dengan supir tricyle. Si wanita,Tracy, lebih talkative dibanding si pria, Bert. Jadi kami lebih banyak komunikasi dengan Tracy. Akhirnya kami berhasil charter tricyle ke terminal San Jose dengan biaya PHP 50 yang dishare 4 orang. Ternyata perjalanan-nya cukup jauh juga, mungkin sekitar 20 menitan. Jadi dengan tarif PHP 120 dari bandara ke San Jose terminal sebenarnya tidak terlalu mahal.

Dari perbincangan selama di perjalanan, kami baru mengetahui kalau mereka berasal dari Manila yang akan berlibur di EL Nido dan rencananya mereka akan berangkat dengan RORO bus sekitar jam 22.00. Tapi sesampainya di terminal San Jose, ternyata bus yang pukul 18.00 masih belum berangkat dan mereka memutuskan untuk berangkat lebih cepat. Sebenarnya kami rencananya naik RORO bus yang jam 23.00 atau 24.00 agar hemat hotel 1 malam tapi Tracy menawarkan untuk berangkat bareng. Sekalian ia bisa membantu untuk membooking 1 kamar di EL Nido di hostel tempat mereka menginap dan mungkin besok kami bisa ikut jalan barengdengan mereka untuk exlore pantai di EL Nido. Kamar yang dibooking oleh Tracy harganya sangat murah, 50% lebih rendah dari harga hostel yang saya booking untuk malam kedua di El Nido

Sebenarnya transportasi di Filipina ini tidak mahal-mahal banget, tapi sebagai traveler biasanya kita tetap berusaha untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Iya kan? Terkadang kalau mengingat usahaku untuk menurunkan biaya transportasi di sini membuatku tersenyum.


You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar