Skip to main content
TravelNimble

follow us

Tempat Wisata El Nido: Air Terjun dan Pantai Nacpan

Aktivitas Taraw Climbing yang kami lakukan selesai sebelum makan siang. Dan untuk mengisi waktu luang setengah hari lagi kami pun kembali ikut Inland tour dengan teman teman traveler lokal Filipina. Keuntungan ikut dengan mereka adalah kami mendapatkan harga lokal dan tawar menawar di handle oleh mereka. Kapan lagi traveling di negara orang dengan harga lokal?

Dalam Inland Tour El Nido ini kita akan mengunjungi Nacpan Beach/twin beach dan juga air terjun serta menikmati sunset di pantai Corong. Untuk paket Inland tour ini kami seharusnya membayar biaya tour sebesar PHP 350/orang yang termasuk dengan transportasi dengan van dan uang masuk ke air terjun. Tapi karena di air terjun kami hanya membayar setengah akhirnya biaya tour yang kami bayarkan berhasil mereka nego lagi menjadi PHP 325/orang.

Tour ini bisa juga dilakukan triclye dengan biaya sekitar PHP 1000 - PHP 1400 yang bisa dishare max 4 orang. Tapi jika hanya berdua maka biaya yang dibayarkan menjadi lebih tinggi tentunya. Jangan lupa, mintalah hostel untuk membooking tiket RORO bus untuk kembali ke Puerto Princesa di jam yang diinginkan agar masih mAktiendapatkan seat. Lagi lagi Tracy membantu kami berbicara dengan pihak hostel untuk membooking seat saya dengan Ratri.

Baca juga: Jelajah pantai-pantain indah El Nido, Palawan

Tujuan awal adalah air terjun (saya lupa namanya). Dari parkir mobil kita harus melakukan trekking sekitar 30 menit dengan jalur trekking yang cukup datar. Air terjunnya tidak terlalu tinggi tapi sangat jernih. Hanya rombongan kami yang ada di air terjun ini, mungkin tidak banyak wisatawan asing mengunjungi air terjun di El Nido ini. Setelah puas bermain air, kamipun melanjutkan perjalanan ke Nacpan Beach.
Nacpan beach juga disebut tiwn beach karena sebenarnya pantai ini terdiri dari dua pantai yaitu Nacpan dan Calitang Beach. Twin Beach ini merupakan pantai terpanjang di El Nido, kalau kata orang lokal "Borocay"nya El Nido. Pantai ini berjarak kurang lebih 1 jam dari kota El Nido. Pantainya lumayan sepi hanya ada beberapa wisatawan asing yang sedang berjemur. Ombak pantai ini tinggi seperti di Kuta, tetapi sepertinya di Kuta lebih tinggi.

Matahari sudah hampir tenggelam saat kami sampai di Nacpan Beach, sehingga rombongan memutuskan untuk membatalkan melihat sunset ke Corong Corong. Lebih baik menikmatinya di pantai ini sambil menikmati makanan di area pantai ini, lagipula awan tebal terlihat menutupi langit sehingga sunset pastinya juga seindah biasanya.


Baca juga : Liburan Seminggu di Filipina: Manila, Puerto Princesa dan El Nido

Di sepanjang pantai ada beberapa tempat makan dengan harga yang lumayan murah. Rata-rata menu seafood sekitar PHP 150, yang paling mahal cuma kepiting PHP 200 (dua ekor kepiting yang lumayan besar dan fresh). Jalanan dari pantai ini ke pusat kota El Nido tidak memiliki lampu jalan sehingga setelah sore menjelang pastinya akan gelap. Jadi disarankan bagi pengunjung yang menggunakan tricyle sebaiknya meninggalkan pantai sebelum hari gelap. Sementara bagi pengunjung seperti kami yang menggunakan mobil, tentunya lebih aman sehingga bisa meninggalkan pantai sedikit lebih telat dibanding mereka. Kami baru meninggalkan pantai sekitar pukul 18.30 dan supir van langsung mengantarkan kami ke terminal RORO bus.

Mudah mudahan perjalanan enam jam ke Puerto Princesa berjalan dengan lancar dan saya bisa memejamkan mata agar besok pagi bisa lebih fit saat ikut tour Underground River di Puerto Princesa.

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar