Skip to main content
TravelNimble

follow us

Perjalanan Panjang Menuju El Nido dari Manila

Bagaimanakan caranya menuju El Nido? Ada beberapa pilihan jenis transportasi yang bisa dipilih untuk menuju El Nido dari Manila tergantung budget dan preference masing masing traveler. Lengkapnya bisa dibaca di Tips dan Guide dalam post Liburan Seminggu di Filipina.

Karena waktu dan budget yang tipis, saya memilih kombinasi udara dan darat. Dari Manila kami naik pesawat ke Puerto Princesa dan dari Puerto Princesa dilanjutkan dengan transportasi darat ke El Nido dengan lama perjalanan sekitar 5-6 jam. Untuk mengirit biaya penginapan di El Nido saya mengatur agar kami naik RORO bus jam 23.00 ke El Nido agar sampai di Nido pagi hari.

Belum ada platform online untuk membooking tiket bus, jadi kita harus ke terminal San Jose untuk langsung membeli tiket sambil berharap bisa meninggalkan tas besar kami di terminal dan bisa explore kota Puerto Princesa beberapa jam.

Transportasi dari bandara Puerto Princesa ke terminal Jan Jose bisa ditempuh dengan cara :
1. Charter tricycle langsung dari bandara ke San Jose, tarif PHP 120.
2. Berjalan keluar bandara, bisa charter tricycle sampai junction dengan biaya sekitar PHP 20-30 dan dilanjutkan dengan multicab jurusan San Jose degan biaya PHP 10/orang. Sebenarnya kita tidak perlu charter tricycle karena fungsinya sebenarnya sama seperti angkot, dikenakan ongkos per orang (sepanjang arah tujuannya sama) tapi karena tidak familiar dan takut nanti kena scam, kami selalu charter.

Harga tricyle yang kami charter seharusnya akan membawa kami langsung ke junction tetapi karena misunderstanding akhirnya kami membayar lebih mahal, yaitu PHP 50. Sampai di junction seharusnya tidak sulit untuk mendapatkan multicab tapi entahlah, kami yang kurang beruntung atau memang penumpang lagi padat banget, rata-rata multicab jurusan San Jose yang lewat pada penuh. Entah sudah berapa banyak multicab yang menolak kami padahal waktu terus bergerak.

Pesimis dengan multicab yang terus penuh, saya akhirnya mengajak pasangan yang sedari tadi berada tidak jauh dari kami untuk menyewa tricyle dan biayanya bisa sharing berempat.

Hasil bincang bincang di tricyle ternyata pasangan ini merupakan pasangan traveler dari Manila dengan tujuan yang sama dengan kami yaitu El Nido. Yang menjadi perbedaan hanya bahwa mereka akan mengambil bis jam 19.00 dengan besok paginya mereka sudah dijadwalkan untuk ikut hopping island di El Nido.

Baca juga: Enam jam di Manila:Explore Intramuros

Kesempatan tidak datang dua kali, daripada besok kami masih mencari-cari paket tour lagi, kami pun memutuskan menyesuaikan jadwal keberangkatan dengan teman baru dari Manila ini.

Perjalanan dari Puerto Princesa ke El Nido kurang lebih 5-6 jam, hampir setengah perjalanan kondisi jalanannya kurang bagus, apalagi pak supir membawa bus-nya dengan kecepatan tinggi. Kami seperti mengendarai roller coaster. Sebelum mencapai El Nido bus berhenti dua kali yaitu di Roxas dan Tay-Tay. Di perhentian Tay-Tay, saya sempat ke toilet yang berada di belakang sebuah warung. Jalan menuju toiletnya agak gelap sehingga kuatir dengan kondisi toiletnya, tapi ternyata kekuatiran saya tidak beralasan karena toiletnya sangat bersih. Jadi malu dengan kondisi toilet umum khususnya pemberhentian bus di negaraku.

Tidak semua penumpang turun di El Nido, banyak yang turun di sepanjang jalan ke El Nido sehingga banyak kursi kosong yang bisa dimanfaatkan untuk rebahan walaupun tidak bisa memejamkan mata karena supirnya yang membawa bus dengan kecepatan tinggi.

Sekitar pukul 23.30, kami sampai di terminal RORO bus Corong - Corong. Walaupun sudah larut malam, masih banyak tricyle yang menunggu penumpang tapi tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan siang hari. Tapi berkat Tracy, teman traveling dari Manila kami hanya membayar PHP 60 untuk berempat sampai di penginapan Tay Miloy's Inn, di El Nido Town Proper (bukan beachside).

Keberuntungan masih di pihak kami, kamar kami diupgrade ke hostel lain yang lebih bagus yang tidak jauh dari Tay Miloy's Inn yang menurut pemilik hostel Tay Miloy, hostel tersebut masih kepunyaan saudararanya. Berbeda dengan kamar hostel yang ada di Tay Miloy kamar kami ini seperti cottage, walaupun tidak besar tapi toiletnya sangat bersih. Harga normal hostel ini katanya sih PHP 700, tetapi karena pihak hotel Tay Miloy sudah terlanjur kasih rate PHP 300, terjadilah musyawarah untuk mufakat. Tentunya yang jadi juru bicara adalah Tracy dan akhirnya deal-lah harga PHP 400, masih termasuk murah.

Beberapa blog yang berguna sebagai panduan travel ke El Nido : Walkflypinoy dan Ironwulf

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar