Skip to main content
TravelNimble

follow us

Jelajah Pantai Pantai Indah El Nido, Palawan

Pusat kota El Nido ini tidaklah begitu besar, dengan berjalan kaki saja kamu sudah bisa mengelilinginya. Terdapat cafe-cafe dan restaurant yang harganya tidak terlalu mahal. Lalu apa yang bisa dilakukan di El Nido ini? Yang paling terkenal tentu saja hopping island-nya. Untuk hopping island kita bisa menyewa private boat atau ikut paket tour dari travel agent lokal.

Terdapat beberapa paket yang dijual di El Nido yaitu paket A dengan harga PHP 1200, Paket B seharga PHP 1300, Paket C dengan harga PHP 1400 dan Paket D dengan harga PHP 1200. Paket yang paling direkomendasikan di El Nido adalah Paket A dan C.
Harga paket yang ditawarkan biasanya sudah termasuk dengan life jacket, transportation, guide dan makan siang tetapi belum termasuk dengan dengan alat snorkel (fin+mask sekitar PHP 200) dan juga entre fee. Tetapi ada juga beberapa travel lain yang menjual paket tour lengkap dengan alat snorkel dan juga island entry fee (Eco-Tourism Development Fee senilai PHP 200) tentunya dengan harga yang berbeda pula. Entry fee ini berlaku selama 10 hari yang biasanya pembayarannya diarrange oleh hotel tempat kita menginap.

Pihak hostel Tay Miloy's Inn juga menyediakan paket kombinasi, jadi bersama tamu hotel yang lain, kami mengambil paket kombinasi A & C dengan membayar PHP 1700 sudah termasuk alat snorkel dan juga island entry fee, jadi jauh lebih murah.

Baca juga : Perjalanan panjang ke El Nido dari Manila

Makan siang yang disediakan lumayan mewah. Lengkap dengan buah, minuman bersoda seperti sprite dan coke dan lebih takjubnya lagi mereka menyajikan makan siang tersebut di meja lengkap dengan taplaknya, sesuatu yang belum pernah aku dapatkan selama hopping island di Indonesia, poin plus buat mereka.

Peserta tour ini ada 11 orang, 2 orang guide dan 2 orang awak kapal, jadi lumayan ramai. Semua penumpang adalah lokal Philipina dari berbagai kota, jadi hanya kami berdua yang orang asing. Tetapi karena looks kita yang memang mirip seringkali kita dianggap orang lokal dan diajak untuk berkomunikasi bahasa Tagalog.

Pantai pantai indah di El Nido yang kami kunjungi dalam paket kombinasi paket A dan paket C ini adalah:

1. Seven Commando Beach
Spot pertama yang akan kami kunjungi adalah Seven Commando Beach yang hanya berjarak sekitar 30 menit dari kota El Nido. Dalam perjalanan kita bisa melihat Helicopter Island, dinamakan seperti itu karena bentuknya yang seperti helicopter tanpa baling-baling. Pantai ini dinamakan Seven Commando karena pantai ini ditemukan oleh 7 orang tentara Jepang tetapi ada juga yang mengatakan bahwa karena di pantai ini ada 7 tentara yang dieksekusi dan meninggal disini. Entahlah mana yang benar, yang penting kita kemari untuk menikmati pantainya. Pantai ini memang indah dengan pasir putihnya. Kita bisa snorkeling juga disini. Hanya berjarak beberapa meter dari garis pantainya kita sudah menemukan coral dan ikan ikan yang indah.


2. Big Lagoon
Pintu masuk dari Big Lagoon ini sangat memukau karena diapit dua tebing tinggi. Airnya begitu jernih dan berwarna biru tetapi kita tidak diijinkan berenang disini. Kapal hanya bergerak lambat mengitari lagoon sehingga kita bisa menikmati pemandangannya lebih lama dan mengambil beberapa foto. Di dalam Lagoon sendiri pemandangannya biasa saja. Yang menakjubkan adalah pada saat kita hendak masuk Lagoon ini, karena diapit oleh banyak tebing-tebing batu tinggi.


3. Small Lagoon
Tak lama keluar dari Big Lagoon kita tiba di Small Lagoon. Tetapi saya benar-benar tidak ingat apakah kami berenang atau snorkeling disini, atau kami hanya numpang lewat? Tapi Small lagoon ini tidak bisa dilewati oleh kapal kami yang cukup besar. Biasanya jika mengikuti paket yang bukan kombinasi, peserta tour bisa berenang meleati pintu masuk small lagoon tersebut.


4. Shimizu Beach
Perhentian selanjutnya adalah Simizu Island. Menurut informasi, nama Simizu ini berasal dari nama seorang diver dari Jepang yang meninggal di pulau ini saat sedang diving. Menurut saya tempat snorkling di Simizu Island ini jauh lebih menarik diantara beberapa tempat yang kami datangi sebelumnya. Airnya sangat jernih, warna warni coralnya kelihatan dari atas kapal tanpa perlu turun. Jadi perlukah turun kapal? Ya pastilah. Menurut saya kepuasan untuk melihat dari atas kapal atau langsung turun di air itu sangat berbeda. Selain coral yang berwarna warni, ikan ikan yang beraneka ragam juga tidak kalah menariknya.


5. Secret Lagoon
Pantai ini merupakan tujuan terakhir untuk paket Tour A. Di tempat ini kita akan menikmati makan siang, ikan bakar. Aroma ikan bakar sudah tercium dari beberapa jam sebelumnya, karena mereka membawakar ikan di kapal bagian belakang. Terdapat pantai dengan pasir putih yang tidak begitu luas yang diapit oleh tebing tebing tinggi sebagai area makan siang kita.

Tetapi daya tarik di pantai ini sebenarnya adalah adanya lagoon tersembunyi yang dikelilingi oleh tebing-tebing batu. Untuk menuju secret lagoon ini kita harus melalui celah kecil yang hanya muat untuk satu orang. Pintu masuk ke secret lagoon ini hanya bisa diaccess saat air laut sedang surut karena pada saat air laut sedang pasang celah kecil ini tidak bisa diakses. Warna air laut di dalam secret lagoon ini berwarna hijau kecoklatan. Saat kamu berada di tempat ini, perhatikan tebing di sebelah kanan pintu masuk lagoon. Terdapat "lukisan" batu yang menyerupai Last Supper.

6. Hidden Beach at Matinloc Island
Dari secret lagoon menuju tempat ini tidaklah begitu jauh, hanya sekitar 20 menit. Hidden Beach ini hampir sama dengan Secret Lagoon, dikelilingi oleh tebing batu yang tinggi dan ada celah batu sebagai pintu masuk. Yang membedakannya adalah, untuk masuk ke pintu masuk hidden beach ini kita harus berenang. Dibutuhkan usaha lebih keras untuk bisa masuk ke dalam hidden beach ini karena arusnya lumayan kencang. Kita harus berenang sekitar 3-4 meter dari lokasi kapal berhenti sampai ke pintu masuk hidden beach ini. Untuk mempermudah peserta, seorang guide membawa tali yang diikat ke kapal sehingga peserta bisa berpegangan pada tali tersebut. Peserta trip yang tidak bisa berenang tapi penasaran ingin masuk ke hidden beach wajib menggunakan pelampung.

Seorang guide biasanya akan berada di dalam celah untuk siap siap menarik peserta memasuki hidden beach tapi tentunya dengan extra hati hati karena terdapat batu batu di sekitar pintu masuk hidden beach. Wajib antri dengan peserta tour lain, karena medannya lebih sulit dibanding secret lagoon.

Warna air laut di dalam Hidden Beach ini berwarna hijau muda. Terdapat pantai kecil dengan pasir putih. Menurutku Hidden Beach ini sangat unik. Laut di luar hidden beach yang kita lewati untuk masuk ke hidden beach ini cukup dalam dengan arus yang deras. Tetapi begitu masuk ke dalam Hidden Beach, airnya sangat dangkal.

7. Matinloc Shrine
Spot selanjutnya adalah Matinloc Shrine. Dari lokasi hidden beach menuju Matinloc Shrine ini, kapal kami melewati spot snorkeling yang sangat menggoda. Air laut berwarna biru kehijau-hijauan yang sangat jernih dan kelihatannya tenang. Tapi sayang kami dijinnkan turun disini, mungkin karena waktu terbatas.

Matinloc Shrine ini merupakan pulau kecil dan terdapat monumen yang dibangun untuk menghormati Bunda Maria dan terdapat juga Goa Maria. Dari atas Matinloc Shrine ini kita bisa melihat view pantai dari ketinggian.

Track untuk menuju spot viewing-nya tidak sulit. Sudah ada track tangga untuk menuju keatas sehingga tidak begitu sulit, mungkin hanya sekitar 7 menit kita sudah bisa menikmati pemandangan lanscape yang indah.

8. Secret Beach
Pantai tersembunyi diantara dua tebing batu panjang seolah olah memisahkan pantai ini dari laut lepas. Kapal menunggu kita diluar secret beach karena airnya cukup dangkal, kira-kira cuma setinggti lutut sampai sepinggang saja sehingga life jacket tidak diperlukan. Saat kembali ke kapal, kami menggunakan pintu masuk yang berbeda saat kami datang. Access ini berupa celah berupa celah diantara tebing yang sedikit panjang, sehingga pintu masuknya seolah olah berupa pintu gua.


9. Helicopter Island
Spot terakhir untuk tour hari ini adalah Helicopter Island. Tempat ini merupakan spot snorkeling juga dengan garis pantai yang cukup panjang. View bawah laut di tempat ini tidak kalah menarik dengan seven commando beach. Kami menikmati sunset di pantai ini, tapi sayangnya sunsetnya tidak terlalu bagus.

Saat perjalanan pulang ke pusat kota El Nido, perserta tour sudah tidak seramai saat berangkat. Pasti karena rasa letih. Tapi saya melihat ada rasa kepuasan di wajah mereka walaupun rasa lelahnya tidak bisa disembunyikan. Tidak terkecuali saya.

Baca juga : Taraw Climbing, aktivitas menarik di El Nido

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar