Skip to main content
TravelNimble

follow us

Berapakah Biaya Minimal Solo Traveling Tiga Bulan di Indonesia Timur?

Setelah melakukan perjalanan panjang ke luar negeri selama kurang lebih lima bulan, saya ingin melakukan perjalanan di dalam Indonesia selama kurang lebih tiga bulan. Rencananya perjalanan ini dimulai dari awal bulan Mei, start dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan kereta, dari Surabaya ke Bali menggunakan kereta atau bus dan dari Benoa Bali akan menggunakan kapal PELNI dengan tujuan awal Sumba. Dari Sumba mungkin akan ke Sabu, Alor, Kupang dan area sekitarnya tergantung dengan kondisi di lapangan.


Karena terbatasnya budget, maka perjalanan ini di Indonesia khususnya bagian timur ini akan menggunakan transportasi darat dan laut. Kedua transportasi ini adalah pilihan yang paling tepat karena harga tiketnya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga tiket pesawat, kebetulan saya mempunyai waktu yang lumayan panjang.

Beberapa bulan sebelumnya saya melakukan research biaya untuk melihat damage cost yang harus saya persiapkan sambil mencari teman traveling untuk menjalankan misi ini. Dan hasil research, biaya untuk solo traveling tersebut sangat mengejutkan, minimal IDR 16.800.000,- Nominal yang sangat mengejutkan khususnya untu kantong pengangguran seperti saya sehingga saya pun jadi pesimis bisa merealisasikan misi ini.

Beberapa pos biaya yang nominalnya sangat besar untuk solo traveling versi saya sebagai berikut :
1. Transportasi dalam kota - IDR 9.000.000,-
Berbeda dengan kota besar di Indonesia, publik transportasi dalam kota yang rencananya saya kunjungi tersebut belumlah bagus. Cara yang paling efektif untuk explore kota dan tempat wisatanya adalah dengan motor. Masalah pertama muncul buat saya : SAYA TIDAK BISA NAIK MOTOR

Kalkulasi biaya :
Saya asumsikan saya akan melakukan perjalanan dengan itinerary sangat santai. Dalam satu bulan, saya asumsikan menyewa motor selama 15 hari, sedangkan 15 hari lainnya merupakan traveling day antar kota dan juga rest day sehingga tidak perlu menyewa motor.
a. Berdasarkan survey, sewa motor di Indonesia Timur rata-rata IDR 100.000/hari belum bensin, jadi total biaya : 3 (bulan) x 15 hari x IDR 100.000 = IDR 4.500.000,-
b. Bensin, rata-rata pemakaian IDR 30.000/hari, total biaya : 3 (bulan) x 15 hari x IDR 30.000 = IDR 1.350.000,-
c. Tambahan cost untuk saya, sewa driver. Asumsi IDR 50.000 + biaya makan IDR 20.000/hari, total biaya : 3 (bulan) x 15 hari x IDR 70.000 = IDR 3.150.000,-

Saving cost yang bisa dilakukan :
Pinjam motor teman lokal/explore bareng dengan teman lokal. Saya tidak yakin dengan hal ini dengan mempertimbangkan semua orang punya kesibukan sendiri, kalaupun ada yang bersedia paling cuma 1-2 hari di beberapa kota. Jadi karena tidak yakin saya tidak bisa mengurangi biaya yang ada.

2. Penginapan IDR 7.800.000.-
Selain transpotasi dalam kota, penginapan merupakan pos dengan biaya terbesar juga. Berdasarkan research yang saya lakukan, harga rata rata penginapan di beberapa kota yang akan saya kunjungi seperti Sumba, Larantuka, Kupang, Maumere adalah mulai IDR 130.000. Rata rata kamar yang ada adalah private room yang bisa diisi oleh dua orang, sehingga pos ini akan lebih kecil jika traveling minimal berdua.

Kalkulasi biaya :
Asumsi penginapan dalam 1 bulan adalah 20 hari, sementara 10 hari lainnya adalah traveling day antar kota dengan menggunakan bis/pelni.
Total biaya : 3 (bulan) x 20 hari x IDR 130.000,- = IDR 7.800.000

Saving cost yang bisa dilakukan :
a. Kemping. Berdasarkan informasi kemping bisa saja dilakukan asal minta ijin pada warga lokal/aparat desar. Tapi bagi saya seorang solo female traveler, hal ini tidak memungkinkan karena saya tidak ingin mengambil resiko. Saya berani melakukan ini jika saya punya teman.
b. Couchsurfing. Bagi saya ini adalah pilihan yang paling masuk akal. Tapi setelah saya melakukan pengecekan di website couchsurfing, host di beberapa kota yang akan saya kunjungi sangat terbatas. Jadi walaupun saya bisa mendapatkan host di beberapa kota, kemungkinan besar biaya hanya bisa turun 10-20%.
c. Numpang di rumah warga. Berbeda dengan couchsurfing yang bisa diplan dari awal, alternatif ini hanya bisa dilakukan jika sudah sampai di kota tujuan. Ini juga bukan pilihan yang kurang tepat bagi seorang solo female traveler seperti saya. SAYA BARU MENYADARI BAHWA SAYA TERNYATA BUKAN SE-ADVENTURE SOLO TRAVELER YANG LAIN.

3. Transportasi antar provinsi/kota menggunakan kapal PELNI, bus dan ferry
Pos biaya ini tidak terlalu berpengaruh besar bagi seorang solo traveler walaupun transportasi antar kota di kota kota tersebut tidaklah sebagus di pulau Jawa khususnya.

4. Biaya makan
Biaya ini juga tidak menjadi pengaruh bagi solo traveler. Berdasarkan research, untuk biaya makan ada yang IDR 15.000 - IDR 25.000/porsi. Masih standardlah, hampir sama dengan biaya makan saya di Jakarta.

5. Biaya uang masuk tempat wisata dan guide lokal
Pos biaya ini juga bukan pos yang memberatkan untuk solo traveler. Nilainya tidak begitu berubah significant walaupun traveling dalam group. Guide lokal sepertinya tidak dibutuhkan setiap hari, mungkin hanya beberapa tempat yang accessnya sulit sehingga bantuan dari guide lokal diperlukan.

Dari asumsi dan kalkulasi diatas, maka biaya minimal untuk solo traveling di Indonesia Timur selama tiga bulan sebesar IDR 16.800.000,- belum termsuk biaya makan, transportasi antar kota dan uang masuk tempat wisata.

Sambil mempertimbangkan biaya tersebut, saya mencari partner traveling di beberapa komunitas backpacker. Tapi sayangnya hingga awal bulan Mei tidak ada yang deal dan terpaksalah perjalanan tiga bulan ini saya tunda. Untungnya saat di Bali, saya mendapatkan teman traveling ke Sumba selama kurang lebih 10 hari.

Jadi apakah solo traveling di Indonesia khususnya di Indonesia timur tidak memungkinkan? Bukan tidak mungkin. Jika kamu punya budget yang tinggi dan tingkat adventurenya sangat tinggi, pasti bisa dilakukan. Saya? Dua duanya saya tidak termasuk.

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar