Skip to main content
TravelNimble

follow us

Traveling Dua Minggu ke Kamboja dan Vietnam

Jika punya waktu kurang lebih dua minggu, kamu bisa traveling ke beberapa negara South East Asia melalui jalan darat. Negara negara yang biasanya menjadi pilihan adalah Cambodia, Vietnam dan Thailand. Apakah dua minggu cukup untuk traveling ke tiga negara tersebut? Hal tersebut tergantung dari jumlah kota yang ingin dikunjungi di masing masing negara.

Pada liburan panjang Lebaran 2012, saya traveling ke beberapa negara South East Asia yaitu Cambodia dan Vietnam dengan Singapore sebagai negara transit.  Lama perjalanan sekitar 11 hari dengan menggunakan transportasi udara, laut dan darat. Total biaya yang dikeluarkan sekitar IDR 5.000.000.

Seperti apa itinerarynya ? Berikut ini itinerary dua minggu saya di Singapore, Kamboja dan Vietnam.

1. Singapore (2H1M)
Singapore menjadi negara transit buat saya karena mahalnya harga tiket pesawat dari Jakarta ke Kamboja maupun ke Vietnam. Bahkan untuk harga tiket pesawat Jakarta - Singapore saja melambung sangat tinggi karena libur panjang lebaran. Jadi untuk mengirit biaya terbang ke Batam adalah option yang paling bagus dan irit. Kemudian dari Batam naik ferry ke Singapore.

Rute pulang pun tetap melalui Singapore.  Dari Hanoi ke Singapore naik pesawat dilanjutkan Singapore ke Batam dengan ferry dan Batam - Jakarta dengan pesawat. Karena memang hanya sebagai negara transit, di Singapore cuma numpang tidur.
Penginapan : Rucksack Inn, Lavender

2. Kamboja (3H2M)
Dari Singapore saya terbang ke Phnom Penh, Kamboja. Kalau mau efisien seharusnya dari Singapore terbang ke Siem Reap baru kemudian naik bis ke Phnom Penh. Tetapi  lagi lagi kendalanya harga tiket pesawat yang tinggi plus tidak ada schedule setiap hari. Oleh karena itu itinearary di Kamboja menjadi kurang efisien (bolak balik) yaitu Phnom Penh-Siem Reap-Phnom Penh-Ho Chi Minh City.

Tapi karena memang saya tidak ada pilihan lain (baca:tidak mau bayar harga tiket pesawat yang mahal) dan waktu yang terbatas, terpaksa harus menjalankan itinerary yang kurang efisien ini.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari hasil browsing di internet, ada bis langsung dari Siem Reap ke Ho Chi Minh City jadi kami tidak membeli tiket bis Phnom Penh - Ho Chi Minh City. Tapi saat di Siem Reap tidak ada informasi mengenai bus langsung ke Ho Chi Minh City, semuanya harus ganti bis di Phnom Penh dan sayangnya tiket Phnom Penh - Ho Chi Minh City tidak bisa dibeli di Siem Reap. Dan sesampainya di Phnom Penh, kami sudah kehabisan tiket bis ke Ho Chi Minh City jadi kami terpaksa mengambil jadwal bis pagi hari yang berarti kami kehilangan waktu satu hari untuk explore Ho Chi Minh city.

3. Vietnam (6H5M)
Dalam itinerary 6 Hari di Vietnam, Ho Chi Minh City merupakan kota pertama yang dikunjungi, Dari kota ini perjalanan darat dimulai dan akan berakhir di Hanoi dengan menyinggahi beberapa kota yaitu Muine, Nha Trang, Hoi An dan Danang. Transportasi antarkota yang digunakan hampir semua dengan bis kecuali dari Danang ke Hanoi saya naik pesawat karena lebih efektif dan harganya juga tidak terlalu mahal.



Tips dan Info :
1.Kita tidak membutuhkan visa di Cambodia & Vietnam
2.US$ Dollar bisa digunakan di Cambodia (banyak warung kecil juga menerima pembayaran dalam USD)
3.Belilah tiket bis/kereta begitu sampai di kota tujuan (kalau bisa langsung book untuk tiket pulangnya juga).
4.Selain bis, kita bisa menggunakan kereta antar kota di Vietnam (tetapi harganya cenderung lebih mahal). Harga dan schedule bisa dilihat di website langsung
5.Sebelum naik tuk tuk (Cambodia & Vietnam) sebaiknya harga di fix kan dulu.
6.Sebaiknya beli tiket pesawat ke kota/negara yang menjadi tujuan pertama/terakhir sesuai rute agar itinerary menjadi efisien dan efektif.
7.Jika transportasi antarkota menggunakan bis, sebaiknya gunakanlah bis yang terpecaya dan direkomendasikan.





You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar