Skip to main content
TravelNimble

follow us

Tips Traveling di China

Trip ke China ini merupakan bagian dari trip lima bulan arround the world saya. Kemana saja saya selama di China? Yang penasaran bisa baca di post terpisah "Itinerary 24 hari di China". Negara ini merupakan negara ketiga yang dikunjungi dalam trip lima bulan tersebut.

Bahasa adalah tantangan pada umumnya yang dihadapi saat traveling ke luar negeri. Tapi menurut saya, di China ada tantangan tambahan yaitu diblocknya semua aplikasi yang berhubungan dengan GOOGLE seperti maps, translate dan lain lain. Untuk mengatasinya bisa sih menggunakan VPN, tapi VPN ini pun tidak semuanya berjalan lancar. Ada sih aplikasi map China yang bisa kita install, tapi bahasanya cuma bahasa China, jadi sangat ribet.

Tapi walaupun begitu selama 24 hari di China kemarin, saya bisa juga mengexplore China tanpa hambatan yang berarti. Dan saya ingin membagikan tips traveling di China yang mudah mudahan bisa membantumu saat traveling di China.

1. Komunikasi (SIMCARD)
Jika kamu traveling dalam waktu singkat sebaiknya beli paket roaming dari Indonesia saja. Karena dengan menggunakan paket roaming, maka semua aplikasi yang diblock masih bisa diaccess. Tapi kalau traveling dalam waktu panjang, biaya paket roaming menjadi lebih mahal jadi saya sarankan beli kartu lokal saja tapi sebelum berangkat ke China install-lah beberapa aplikasi VPN. Kalau saya kemarin menginstall sekitar 4 VPN dan yang berfungsi sangat bagus adalah Express VPN dan Turbo VPN walaupun saya menggunakan yang versi free-nya.
tips traveling china

2. Bahasa
Walaupun sudah menggunakan aplikasi translate, komunikasi tidak begitu gampang. Saya sudah menuliskan maksud saya di google translate dan menunjukkan kepada mereka tapi tetap saja mereka tidak mengerti khususnya penjual makanan di pinggir pinggir jalan. Jadi mungkin sebaiknya kamu punya beberapa gambar untuk hal hal general yang akan sering ditanyakan ke orang lain atau lebih bagus tulisan mandarin-nya. Minta teman atau pihak hostel untuk menuliskannya untukmu dan nantinya tulisan ini bisa kamu pakai berulang ulang.

2. Transportasi
Untuk transportasi dalam kota saya menggunakan bis, metro, dan jalan kaki. Sepanjang tempat wisatanya masih berjarak 1-2km saya biasanya jalan kaki. Selain menghemat biaya sekaligus melihat lihat tempat sekitar. Sedangkan untuk transportasi antar kota saya lebih banyak menggunakan kereta, bus hanya digunakan jika tidak ada access kereta. Pembelian tiket kereta kalau nggak mau ribet bisa menggunakan platform online, saya menggunakan trip.com tapi ada tambahan biaya 20 Yuan untuk 1 tiket. Kalau mau menghemat biaya, beli langsung di loket stasiun. Saya tidak mengalami kesulitan yang cukup berarti sih kecuali pas di kota Chongqing saja. Kereta yang paling mahal tentunya bullet train, terus sleeping train dan terakhir slow train (ekonomi train).


3. Makanan
Harga makanan tidak mahal dan porsinya cukup besar untuk saya dan lumayan cocok di lidah. Bagi yang porsi makannya sedikit bisa bawa wadah kosong buat bungkus kalau tidak habis. Tapi mengorder makakan tidak begitu gampang karena kendala bahasa. Kalau saya minta menu bahasa Inggris, kalau tidak ada paling saya mencari yang ada gambarnya dan harganya jadi tinggal main tunjuk saja. Jika tidak ada harganya, biasanya sebelum makan saya tanya dulu harganya.

4. Hostel
Pilihan hostel sangat banyak mulai dari harga yang paling murah dan paling mahal. Sebagai backpacker dengan budget terbatas tentunya saya memilih yang paling murah dengan tetap mempertimbangkan kenyamanan, lokasi dan review. Hostel saya booking dari platform online dan kalau hostelnya bagus biasanya saya extend. Saya jarang pindah pindah di satu kota. Rata-rata hostel yang saya tinggali bagus dan bersih walaupun ada beberapa yang lobbynya kesannya berantakan tapi masih bisa okaylah.

5. Safety
Solo female traveler di China cukup aman, saya pernah diluar sampai jam 10malam, aman aman saja. Saya juga tidak menemui scam scam yang sudah saya baca baca di internet. Seperti yang menawarkan teh dan lain lain. Tapi tetap saja hati hati itu wajib dimanapun kamu berada.




You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar