Skip to main content
TravelNimble

follow us

Panduan Jalan Murah Eropa Tanpa Travel Agent

Begitu biang mau jalan ke Eropa, teman teman langsung ramai ramai mengeroyok "wah banyak duit ya" "pasti mahal". Ya iya sih, bohong kalau bilang jalan ke Eropa itu murah kalau dilihat dari nominalnya apalagi kalau kita berangkat dari Indonesia.

Menurut kamu berapakah biaya jalan tiga minggu ke Eropa? Lima puluh juta? Tiga puluh lima juta? Bisa jadi. Tergantung dari traveling style kamu seperti apa. Apa bisa lebih murah? Bisa banget! Caranya gimana? Baca sampai habis ya panduan jalan murah eropa versi travelnimble ini.


1. Uruslah visa Schengen sendiri
Kalau bisa jangan melalui tour travel karena biasanya ada tambahan biaya lagi. Tapi kalau kamu tinggal di luar Jakarta, maka option ini yang paling murah buat kamu. Pengurusan visa Schengen kebanyakan sekarang sudah melalui VFS atau TLS Contact tergantung kamu mau aplly dari negara mana. VFS dan TLS Contact ini merupakan agent resmi yang ditunjuk untuk melayani pengurusan Visa Schengen. Tetapi tetap ada juga beberapa negara yang bisa melayani pengurusan Visa Schengen langsung ke kedutaan tentunya dengan biaya yang sedikit lebih murah karena kita tidak perlu membayar fee untuk agent resmi tersebut. Negara mana saja? Informasi lengkap bisa kamu cek di website masing masing kedutaan dan juga jadwalnya. Saya sudah pernah mempunyai Visa Schengen yang dikeluarkan oleh kedutaan Perancis di Singapore jadi kali ini pun saya apply dari kedutaan Perancis melalui TLS Contact dengan harapan saya mendapatkan visa yang expirednya lebih dari tiga bulan dan lama stay bisa lebih dari 30 hari. Biaya yang saya keluarkan untuk visa ini IDR 1.400.000,-

Baca juga : Mengurus visa Schengen tanpa surat keterangan kerja

2. Hunting tiket pesawat jauh jauh hari
Tiket pesawat salah satu pos biaya yang paling tinggi jika ingin jalan ke Eropa, jadi rajin rajinlah cari tiket pesawat dengan harga murah. Jika tiket pesawat mahal akan sulit rasanya bisa traveling ke Eorpa dengan biaya murah. Pasang notifikasi di beberapa aplikasi online. Cari juga option dari negara lain seperti Malaysia dan Singapore. Untuk full service kalau harga promo bisa kamu dapatkan sekitar IDR 5.000.000 - IDR 7.000.000. Kalau budget airline mungkin bisa dibawahnya. Kalau tidak promo harga tiket ke Eropa diatas IDR 8.000.000,-

Baca juga : Travel dengan tiket pesawat murah

3. Jangan pergi saat summer
Saat summer (musim panas) yang biasanya mulai Juni-September harga hostel bisa naik dua kali lipat. Belum lagi tempat wisata pasti ramai banget karena di Eropa ada libur musim panas.

4. Cari penginapan yang murah
Murah tapi tak murahan. Jangan karena ingin cari yang murah asal booking saja. Perhatikan juga review dari customer lain dan tentunya lokasi. Apakah jauh dari transportasi umum dan tempat wisata? Kalau kamu cukup punya keberanian bisa coba juga Couchsurfing, menginap "gratis" di orang lokal.


5. Buat itinerary Eropa yang systematis
Systematis maksudnya apa? Intinya buat rencana kunjungan negara negara Eropa yang searah, jangan maju mundur atau bolak balik biar irit waktu dan juga biaya. Alokasikan juga dengan lamanya kamu berada di Eropa ya. Punya waktu di Eropa cuma tiga minggu tapi inginnya mengunjungi semua negara Schengen. Be realistic aja. Tentukan aja 1-3 negara yang wajib kamu kunjungi, dari sinilah kamu bisa menyusun itinerary. Itinerary ini sangat penting agar biaya jalan ke Eropa ini murah. Bagi kamu yang merasa ribet untuk menyusun itineary sendiri, bisa contact saya. Saya menawarkan jasa penyusunan itinerary.

5. Pilih transportasi antar kota/negara yang murah dan efisien
Pilihan transportasi antar kota dan negara ini banyak. Ada kereta, bis, pesawat dan juga blablacar. Yang paling cepat tentunya pesawat tapi belum tentu paling efektif. Yang paling murah biasanya bus, tapi paling lama tapi belum tentu tidak efesien. Kalau saya menentukan itinerary (negara yang saya kunjungi) based on transportasi ini. Tapi sebelumnya saya sudah ada pegangan "negara yang wajib saya datangi".


6. Booking jauh jauh hari transportasi antar kota/negara pilihanmu
Setelah ada itinerary dan sudah menentukan jenis transportasinya, transportasi antar kota/negara seperti kereta dan pesawat sudah bisa beli karena harganya akan jauh lebih murah jika dibeli jauh hari. Saya akan menggunakan pesawat sebagai transportasi antar negara jika terpaksa atau mendapatkan harga promosi dari budget airline. Biasanya saya sering menggunakan Ryan Air. Untuk antar kota pun biasanya lebih murah jika kamu beli beberapa bulan sebelumnya. Sementara untuk tiket bus sama saja, tetapi terkadang mereka mengeluarkan promo 5-10 Euro.

7. Makanan
Dengan exchange rate 1 EURO = IDR 14.000 harga makanan di Eropa khususnya Eropa Barat terasa sangat mahal sekali. Lalu bagaimana menyiasati ini? Apakah typical traveler yang wajib makan nasi? Nah kalau kamu masuk golongan ini sebaiknya bawa rice cooker traveler. Ada juga sih yang membawa lauk kering mateng dari Indonesia. Boleh juga sih, tetapi cek dulu aturan membawa barang masuk ke negara tujuan ya, soalnya banyak negara yang tidak memperbolehkan untuk membawa daging, ayam dan lain ke negara mereka. Cara hemat kedua yaitu masak di hostel terus bawa lunch box saat keluar dari hostel. Saya tidak termasuk ke dalam kedua group ini. Jadi untuk irit saya biasanya sarapan oatmeal,muesli atau terkadang roti dan keju plus coffee. Untuk makan siang dan malam biasanya saya beli di convenient store atau di warung warung makan lokal seperti di central market.


8. Uang masuk tempat wisata
Yang namanya jalan jalan pasti dong ingin masuk tempat wisata. Beberapa tempat wisata ada yang murah, ada yang gratis dan ada juga yang sangat mahal. Di China menurut saya masuk tempat wisatanya cukup mahal. Bagaimana menyiasati hal ini? Dari beberapa tempat wisata berbayar yang mirip biasanya saya memilih satu yang dimasuki. Saya lebih banyak mengunjungi tempat wisata gratis. Atau paling nggak bayarannnya cuma sedikit.

Menurut pengalaman, delapan poin panduan jalan murah Eropa tanpa travel agent sudah cukup untuk meminimalkan biaya traveling kamu ke Eropa. Bagaimana caramu untuk menghemat biaya traveling?

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar