Skip to main content
TravelNimble

follow us

Itinerary Tiga Hari Kamboja: Phnom Penh and Siem Reap

Tujuan utama traveler ke Kamboja biasanya untuk mengunjungi Angkor Wat di Siemp Reap. Angkor Wat ini adalah candi yang merupakan salah satu UNESCO World Heritage. Apakah di Cambodia hanya ada Angkor Wat? Sebenarnya banyak, tetapi kami hanya punya waktu tiga hari di negara ini dan kali ini saya memfokuskan diri di Phnom Penh dan Siem Reap.


Day 1: Phnom Penh
Hal pertama yang dilakukan saat tiba di Phnom Penh adalah membeli tiket bis sore ke Siem Reap. Dari airport kami memilih naik airport taxi yang mengantarkan kami langsung ke kantor Capitol bus. Untungnya karena pesawat landing cukup pagi, kami punya waktu yang lumayan banyak banyak sebelum berangkat ke Siem Reap jadi masih ada waktu setengah hari untuk mengunjungi Killing Field.

Selain menyediakan tiket bis, Capitol ini juga menyediakan homestay dan juga paket tour. Harga tournya tidak terlalu mahal, jadi kami mengambil half day tour dengan harga $10/mobil untuk bertiga. Tapi harga ini hanyalah harga antar jemput dengan mobil saja, sementara uang masuk ke killing field bayar masing masing.

Pastikan untuk membeli tiket bis dulu sebelum tour keliling kota. Di Siem Reap bis akan berhenti di pool masing-masing, jadi pastikan kalo ada tuk tuk yang sudah menunggu jika tiba malam hari. Ada sih tuktuk yang standy di setiap pool, tapi biasanya kalau tengah malam harga lebih mahal dan kita repot kalau harus nego dulu.

Penginapan : Sam So Guesthouse (Triple Room with Fan, $17/night)

Day 2: Siem Reap
Untuk explore Angkor Wat, kami sewa tuk tuk sehari dengan biaya $15 (tambahan $5 jika berangkat subuh untuk melihat sunrise, +$5 jika pergi ke Cambodia Cultural Village,+$10 ke Tonle Sap untuk melihat floating village) sementara one day pass Angkor Wat sebesar $20. Jika ada waktu disarankan untuk melihat sunrise dan sunset di Angkor Wat.

Selain Angkor Wat, candi yang menarik juga untuk dikunjungi adalah Bayon Temple, Angkor Tham, Banteay Srei and Ta Prohm yaitu lokasi film Tomb Raider. Berapa lama waktu yang cukup untuk Angkor Wat? Minimalnya sih dua hari, jadi kita punya waktu santai mengunjungi kawasan candi ini plus bisa mengexplore kota Siem Reap.

Awalnya ingin membeli tiket bis malam Sokha-Kumar yang jam 24.00 tetapi katanya jalan malam kurang disarankan sehingga kami akhirnya membeli tiket dari Capitol lagi yang berangkat lebih sore. Tiket bis sudah kami beli sebelum berangkat ke Angkor Wat. Salah satu keuntungan membeli dari Capitol ini adalah mereka ada homestay di pool bus sehingga walupun kami sampai sekitar jam 12 malam, kita tidak perlu repot report lagi jalan mencari hostel.

Penginapan: Capitol Guesthouse, Phnom Penh

Day 3: Phnom Penh
Bis Capitol dari Siem Reap menuju Phnom Penh sempat mengalami kerusakan di tengah jalan dan kami terpaksa menunggu bus pengganti kurang lebih 1,5 jam. Karena itu kami bangun sedikit telat yang membuat kami kehabisan tiket bus pagi yang berangkat ke Siem Reap. Kami hanya berhasil mendapatkan tiket yang jam 10 pagi dari Sorya bis.

Kalau diambil positifnya, kami punya waktu sedikit untuk explore kota ini. Menghemat waktu dan tenaga kami menyewa tuktuk 3 jam. Beberapa tempat yang sempat kami kunjungi di Phnom Penh antara lain Royal Palace, Wat Phnom, Silver Pagoda dan Central Market.


Tips dan Info :

1. Airport taxi, cost sekitar $7-8 tergantung lokasi. Taxinya bukan argo, tapi harga fix, kita book dari counter yang ada di pintu keluar kedatangan. Ada juga taxi biasa dengan cost $5 (nawar ya)
2. Tuk tuk, cost sekitar $4-5, bisa dapat yang lebih murah kalau keluar dari gate airport, sekitar $4
3. Moto (kaya ojek), cost sekitar $2. Kalo sendiri mungkin pilihan yang tepat.
4. Untuk keliling kota Phnom Penh sewa taxi sekitar $9-12 untuk 3 jam dan tuk tuk $10-15 untuk 1 hari.
5. Transportasi Phnom Penh - Siem Reap - Phnom Penh
a. Bis, banyak pilihan bis yang bisa kita ambil dengan jadwal dan harga yang berbeda beda mulai dari $ 5 - $ 18. Bis yang terkenal bagus adalah Mekong Express tetapi harganya jauh lebih mahal.
b. Mini-Bus, biasanya jarak tempuhnya bias lebih pendek dari bis pada umumnya karena mini-bus ini lebih kecil biasanya 13-15 seat, harganya sekitar $8 - $12
c. Pesawat, jarak tempuh sekitar 45 menit tapi harganya diatas $40
d. Taxi, harganya sekitar $65 - $ 85
e. Boat, biasanya ada sekitar bulan July - March
Di antara kelima option tersebut pilihan bis dan mini-bus adalah pilihan yang paling baik dari segi biaya. Untuk informasi bis antar kota dan antar Negara di Cambodia bisa dibaca di CanbyPublication.
f. Untuk membooking tiket bisa di cambotiket atau bookmebus, beberapa bis seperti Mekong Express dan Giant Ibis menyediakan booking online di website masing masing dengan tambahan biaya sekitar $ 1-2.
g. Untuk booking tuktuk di Siem Reap bias dengan Sam melalui email : samtuktuk@yahoo.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar