Skip to main content
TravelNimble

follow us

Tips Menginap di Jjimjilbang Korea

Menginap di Jjimjilbang! Sudah pernah dengar dong mengenai tempat ini? Kalau kamu pecinta drama korea aku yakin kamu pernah lihat dan dengar. Jadi jjimjilbang ini adalah tempat sauna dan spa yang dilengkapi berbagai fasilitas perawatan tubuh dan yang membuat lebih menarik adalah kita bisa MENGINAP! Ya, kamu tidak salah baca, kita bisa menginap disini dan puas-puasin deh menikmati fasilitas yang ada.

Sebagai seroang traveler yang senang mencoba hal baru, tentunya aku tidak melewatkan hal ini apalagi menurutku harganya juga tidak terlalu mahal. Kita bisa stay di Jjimjilbang mana? Banyak pilihan sih, tergantung harga dan fasilitas yang diberikan. Fasilitas sauna ini cukup lengkap mulai dari salon, gym, restaurant, kolam untuk berendam, meeting room dan juga kamar tidur, informasi lengkap bisa langsung dilihat di sini.

Beberapa yang terkenal dikalangan traveler adalah Dragon Hill Spa dan Siloam Sauna mungkin karena access informasi yang tersedia di website mereka. Sebenarnya ada juga jjimjilang yang lebih murah tapi kita kesulitan mencarinya karna informasinya tidak tersedia di internet.

Seorang traveler (saya lupa dari negara mana) yang saya temui di Jjimjilbang ini sudah pernah mencoba beberapa Jjijilbang Korea ini dari yang murah sampai yang mahal. Sempat sih dia sebut nama salah satu Jjimjilbang-nya tapi saya lupa euy.

Nah berikut ini tips menginap di Jjimjilbang Korea dari saya.

1. Pilih Jjimjilbang sesuai budget kamu dan juga pilih waktu kunjungan (day time atau night time)
Jadi harga day time dan night time berbeda tentunya harga night time lebih mahal karena kita bisa menginap. Day time biasanya mulai dari 05.00-20.00 sedangkan night time mulai dari 20.00-05.00.


Saya memilih night time di Siloam Sauna karena lokasinya. Dan salah satu keunggulan silloam sauna ini adalah tersedia nya tempat tidur berupa bunk bed di lantai 5 & lantai 4, sementara di sauna lain bisanya cuma tidur di hall beralaskan matras tipis. Area tidur laki laki dan perempuan sih dipisah tetapi untuk menuju ruangan tidur laki laki mereka mau ga mau harus melewati ruangan tidur wanita.

Baca juga : Itinerary 11 hari di South Korea

2. Proses Check in
Setelah pembayaran dilakukan, recepsionis akan menyerahkan 1 set perlengkapan yaitu handuk kecil, pakaian ganti yang dipakai selama kita berada di dalam sauna dan kunci locker sepatu. Kita akan diguide ke ruangan sebelah tiket counter yang merupakan area locker sepatu. Setelah sepatu disimpan di locker, kita akan menuju ruangan locker yang terpisah antara perempuan dan laki kali. Ruangan ini dijaga oleh seorang ahjumma yang merangkap customer service dan juga penjual noodle. Kunci locker sepatu ditukar dengan kunci locker untuk baju dan tas di ahjumma ini.


3. Hilangkan rasa risih dan malu
Area ruangan locker wanita ini adalah tempat mengganti baju ke outfit yang diberikan, tempat dandan dan lain sebagainya. Di ruangan ini kita juga sudah melihat "pemandangan" perempuan perempuan telanjang. Ada yang totally naked (telanjang bulat), ada yang cuma pakai bra dan celana dalam, ada juga yang cuma berbalut handuk kecil. Dengan cueknya mereka berjalan hilir mudik ke basemant (area untuk berendam dan mandi). Bagi sebagian orang melihat orang telanjang saja sudah risih dan malu apalagi kalau mereka harus telanjang di antara orang asing. So hilangkan rasa ini, cuek aja. Yakin aja asset kamu lebih bagus dari mereka. Ups!

Tapi bagi kamu yang sudah mencoba segala cara tetap nggak bisa telanjang bulat dan berendam, kamu pakai outfit yang disediakan dan langsung ke lantai 2 dan seterusnya deh, nikmatin ruangan spa tanpa harus telanjang.

4. Berendam style
Ruangan berendam berada di basement, jadi kamu harus jalan telanjang dari ruangan locker ke bawah. Atau bisa juga nutupin dikit dikit pakai handuk kecil yang disediakan, itupun kalau kamu berhasil nutupin soalnya handuknya kecil banget. Kalau aku gimana? Baca aja pengalamanku langsung disini ya.

Nah Sebelum berendam, bersihkan badan dulu, terus kepala (rambut) dicover dengan handuk kecil yang disediakan baru deh masuk ke kolam yang diinginkan. Baca petunjuk yang tertempel di setiap kolam ya, masuklah dulu ke suhu yang paling rendah agar badan kita bisa menyesuaikan. Tidak disarankan juga berendam terlalu lama. Tapi tenang aja, di setiap kolam ada petunjuknya. 5.

5. Nikmati ruangan ruangan spa yang tersedia (redemption area)
Udah puas berendam? Saatnya nikmati ruangan ruangan spa yang tersedia di Silloam Sauna ini. Nikmati semuanya kalau bisa, kan sayang udah bayar (sayangnya waktu pertama kesini saya nggak sempat nikmati semua). Ada oxygen room, salt sauna, ice room dan lain lain. Ada beberapa fasilitas di sauna yang tidak termasuk dalam uang masuk yang kita bayarkan, seperti massage, salon dan lain lain. Jadi kalau kamu tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan dipastiin aja ya.


6. Tidur time
Kamu bisa milih tidur di hall atau ke ruangan tidur yang telah disediakan yang berupa bunk bed. Khusus orang orang yang mengorok disediakan khusus ruangannya lo biar nggak mengganggu orang lain. Soalnya kan ada orang yang ngorok sampe kaya pake toak.
Setelah istirahat yang cukup, besok paginya bisa lagi mengulang poin 4 dan 5 deh. Pokoknya jangan mau rugi ;)

Walaupun waktu terbatas karena itinerary Korea yang terlalu padat, saya sangat senang menginap di Jjimjilbang ini berhasil saya sisipkan dalam itinerary. Dan saya berjanji kepada diri saya sendiri, one day aku bakal balik dan nikmati semua fasilitas yang ada.













You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar