Skip to main content
TravelNimble

follow us

7 Kota di Turki yang Menarik Dikunjungi Dalam Tiga Minggu

Bukan waktu yang tepat sebenarnya untuk mengunjungi Turki di bulan Januari. Bukan karena dinginnya tetapi karena intensitas hujannya cukup tinggi. Tahu sendiri kan kalau hujan, ribet mau kemana-mana. Nggak nyaman! Tidak bagus buat mengambil photo yang indah, tidak bisa untuk sedekar duduk duduk menggalau di taman ataupun di tepi pantai. Tapi karena perjalanan ke Turki ini masih dalam rangkaian Trip Arround the World saya, maka aku tetap berangkat. Toh harga tiket pesawat Paris ke Jakarta, sama saja dengan Paris - Istanbul dan Istanbul - Jakarta.

Tiga minggu! Ya, aku bertualang di negara ini selama 3 minggu, sebenarnya ingin tinggal lebih lama, tetapi Visa Turki-ku cuma diapprove 1 bulan plus tiket murah hanya tersedia setelah 3 minggu dari tanggal kedatanganku di Turki, jadi tidak ada pilihan lain. Lalu selama tiga minggu di Turki, saya kemana saja? Selain beberapa kota yang pada umumnya di kunjungi wisatawan saat pertama kali mengunjungi Turki, saya juga mengunjungi kota kota lain. Transportasi antarkota yang saya gunakan selama tiga minggu di Turki adalah transportasi darat yaitu bis.

1. ISTANBUL - 9H7M
Waktu yang cukup lama! Kebanyakan orang berada di kota ini hanya sekitar 3-5 hari tetapi saya berada di kota ini selama sembilan hari. Tiga hari pertama saya tinggal di Asia side, jauh dari spot spot wisata. Lalu kenapa saya tinggal kalau jauh? Kebetulan saya mendapatkan host di Asia side dan bisa meninggalkan sebagian barang dirumah host selama saya menjelajah Turki. Tapi sebenarnya Asia side ini menarik juga. Kita bisa melihat kota Istanbul dari ketinggian dari bukit Camlica di Uskudar,

Nah enam hari terakhir saya tinggal di Eropa side di Sulthanahmed, dekat dengan Blue Mosque, Hagia Sophia dan lain lain. Dari sini lebih gampang untuk explore area Istanbul, lebih banyak tempat nongkrong juga.

Penginapan : Couchsurfing & Piya Hostel

2. ANKARA - 1H2M
Jarang banget wisatawan stop over di kota ini, karena sebenarnya tidak banyak yang bisa dilakukan disini. Lalu kenapa saya ke kota ini? Hanya karena saya ingin "break" dari perjalanan panjang Istanbul – Cappadocia yang memakan waktu sekitar 10-12 jam plus saya punya waktu yang cukup panjang di Turki. Dan kebetulan saya juga dapat host disini. Dari Istanbul saya naik bis sore hari jadi sampai Ankara malam hari, sehingga bisa istirahat di tempat tidur bukan di kursi mobil.

3. CAPPADOCIA - 4H3M
Salah satu kota yang wajib dikunjungi di Turki. Terkenal dengan HOT AIR BALLOON-nya dan juga Cave House-nya. Rencana cuma tiga hari dua malam disini tapi karena di hari terakhir saya ingin santai santai, saya pun memperpanjang stay saya disini sambil berharap air balloon akan mengudara.

Penginapan : Cappadocia Cave Rooms

4. MANAVGAT, ANTALYA – 3H2M
Sebenarnya saat memutuskan ke kota ini, saya tidak tahu apa yang bisa dilihat dan dilakukan disini. Tahunya kota Antalya adalah kota resort di Turki. Nggak tahunya Antalya itu juga nama provinsi di Turki yang nama ibu kotanya juga Antalya. Jadi banyak kota yang bisa kita kunjungi di provinsi ini, masing masing punya daya tarik sendiri. Nah kalau Manavgat ini, selain pantainya, terdapat juga kota tua peningalan Yunani-Romawi kuno. Satu hal lagi yang mendorong saya singgah disini karena ada teman couchsurfing yang kebetulan tinggal disini.

5. ANTALYA – 3H2M
Kota resort yang indah. Dan saya sangat senang memasukkan kota ini kedalam itinerary. Pantainya luas, asri dengan view pegunugan Taurus. Saat saya kemari puncak gunung masih dibaluti es. Tapi karena cuaca begitu dingin saya tidak bisa bermain air di pantainya yang indah. Selain pantai di kota ini terdapat juga bangunan bangunan tua peninggalan Yunani-Romawi Kuno.

6. FETHIYE – 3H2M
Kota ini juga merupakan salah satu kota wisata yang terkenal, lagi lagi karena keindahan pantainya. Salah satu yang paling terkenal adalah Oludeniz Beach. Sayang karena cuaca yang kurang bagus, hujan deras turun hampir sepanjang hari, saya tidak bisa ke pantai ini. Hanya bisa explore di dalam pusat kota Fethiye saja.

7. PAMUKKALE – 2H1M
Pasti sudah tahu dong yang special di kota ini apa. Travertine! Kolam bening dengan air jernih biru muda di kolam kolam kecil yang tersusun bertingkat tingkat. Selain ini ada juga bangunan bangunan kuno peningalan Yunani-Romawi Kuno disini yang cukup luas walau banyak bangunan yang sudah hancur.

Penginapan : Kale Hostel

Dari Pamukkale saya kembali ke Istanbul dengan bis malam. Saya sengaja tidak mengunjungi Ephesus karena merasa sudah cukup untuk melihat bangunan bangunan tua/reruntuhan peninggalan Yunani-Romawi Kuno. Banyak yang bilang bangunan di Ephesus ini berbeda dengan kota lainnya, tetapi bagi saya yang baru dari Yunani, saya merasa sudah cukup melihat bangunan reruntuhan Yunani-Romawi.

Jadi selama tiga minggu saya di Turki, saya mengunjungi ketujuh kota tersebut. Perjalanan saya di Turki ini santai banget. Sering nongkrong di café café murah hanya untuk sedekar duduk bengong sambil melihat orang orang lalu lalang. Kalau kamu punya waktu sedikit, pilih beberapa kota saja yang lebih menarik menurutmu, tidak perlu harus mengunjungi banyak kota.