Skip to main content
TravelNimble

follow us

Itinerary Santai 2 Minggu di Italia

Ini adalah kedua kalinya saya mengunjungi negara Italia ini. Pertama sekali delapan tahun lalu dan kali ini saya kembali lagi karena sepertinya ada magnet yang menarik saya untuk kembali ke negara ini. Tapi kali ini highlight saya di Italia ini adalah Cinque Terre. Tapi tetap saja saya mengunjungi beberapa kota yang pernah saya kunjungi dulu. Saat mengunjungi negara ini dulu, kesannya terburu buru tapi kali ini mau santai. Hampir dua minggu di Italia, saya sempat mengunjungi 5 kota. Kota mana saja yang saya kunjungi? Berikut ini itinerary selama di Italia.

1. Roma - 4H3M
Di kota ini banyak sekali yang bisa dilihat, kotanya sendiri sudah kelihatan seperti kota tua. Walaupun ini kedua kalinya saya menginjak Roma, sepertinya tak bosan bosan untuk berada di kota ini. Tapi sayang, saat saya berada di kota ini, cuaca kurang bagus. Hampir semua tempat yang saya kunjungi dulu, kembali saya kunjungi tapi kali ini ditambah beberapa tempat baru tentunya. Kemana saja selama empat hari disini? Detailnya bisa bisa dibaca disini.

Penginapan : Couchsurfing & The Yellow
2. Florence - 2H1M
Sama seperti Roma, saya juga sudah pernah mengunjungi kota ini. Dan di kota ini saya tidak mengunjungi semua tempat wisata yang pernah saya kunjungi dulu. Saya ingin lebih mengexplore dan menikmati suasana kotanya. Dan kota ini juga sebenarnya sebagai kota transit saya menuju Pisa. Bisa saja sih dari Roma langsung ke Pisa, tapi agak menjadi tidak nyaman bagi saya karena sampai Pisa sudah sore dan harus menginap di Pisa, padahal penginapan di Pisa ini mahal.

Penginapan : Hostel Santa Monaca
3. Pisa - 2H1M
Daya tarik kota ini hanyalah Pisa, si menara miring. Jadi kita tidak perlu menginap di kota ini. Bisa ditempuh one day trip dari Florence. Saya juga awalnya tidak berencana menginap disini, tapi tiba tiba saya mendapatkan tawaran menginap di sebuah Yacht, sekitar 20 menit naik mobil dari Pisa. Tawaran yang menarik, jadi saya pun memutuskan untuk menerima tawaran host tersebut.

Penginapan : Couchsurfing
4. PortoVenere - 5H4M
Di kota ini itinerary awal saya berubah total. Menurut rencana, saya akan mengunjungi Cinque Terre (5 kota) dan menginap di La Spezia atau Biassa selama 3H2M. Tapi last minute saya mendapatkan tawaran host di kota Portovenere. Kota ini juga merupakan salah satu kota yang cantik, maka saya pun menerima tawarannya. Saat saya di kota ini, batuk flu yang saya coba perangi dari kota Florence akhirnya menghancurkan pertahanan saya. Jadi saya pun memanfaatkan rumah host saya ini untuk beristirahat lebih panjang, dari 2 malam jadi 4 malam. Kebetulan rumah host saya ini sangat nyaman dan bersih, apalagi kotanya sangat indah.

4. Parma - 1H
Kota ini juga tidak ada dalam itinerary awal saya. Seharusnya dari La Spezia, saya akan naik kereta ke Milan. Dari Milan saya akan melanjutkan naik bus ke Salzburg dengan singgah terlebih dahulu di Verona. Tapi dapat informasi tambahan dari teman lokal di Roma, bahwa kota ini bisa saya buat sebagai kota transit ke Verona. Kota yang indah, tapi sayang penginapan sangat mahal disini jadi saya pun hanya menghabiskan beberapa jam di kota ini.

5. Verona - 1H
Dari informasi yang saya baca dan juga teman lokal, kota ini sangat cantik. Merupakan kota Romeo dan Juliet. Saya pun tergoda untuk menginap walaupun hostelnya sangat mahal dan kebetulan harga Flixbus ke Salzburg cukup murah untuk keesokan harinya. Tapi H-1 saat saya mengecek harga tiket flixbus lagi, harga Flixbus yang sesuai dengan jadwal saya naik dua kali lipat. Dengan harga dua kali lipat plus harga hostel yang mahal, pastinya saya harus merogoh kantong cukup besar.
Dan setelah pertimbagnan biaya, saya pun memutuskan tidak menginap di Verona dan membeli tiket Flixbus ke Salzburg pada hari yang sama. Saya irit banyak. Sudah harga tiket 50% dari esok harinya, plus saya tidak perlu bayar penginapan 1 malam. Jadi saya pun mengexplore Verona cuma beberapa jam.

Transportasi antarkota yang saya gunakan di Italia adalah bis dan kereta. Selama saya di Italia cuaca kurang bagus, hampir tiap hari hujan, tapi walaupun begitu, saya sangat puas dengan perjalanan kali ini.

Dibandingkan dengan Yunani, biaya di Italia ini jauh lebih mahal baik dari segi makanan maupun hostel. Tapi dikota ini saya termasuk irit juga karena saya dapat host hampir di semua kota yang saya kunjungi. Jadi kota mana saja yang wajib dikunjungi untuk orang yang baru pertama sekali ke Italy? Saya sarankan Roma, Florence dan Venice. Jika punya waktu lebih jangan lupa masukkan Cinque Terre di itinerary kamu.