Skip to main content
TravelNimble

follow us

Dimanakah Membeli Simcard Rusia di Airport Irkutsk ?

Pesawat S7 landing di bandara Irkutsk sekitar pukul 06.00 pagi, telat sekitar 20 menit karena keberangkatan dari Beijing juga delay. Bandara Irkutsk ini ternyata sangat kecil, jauh di luar bayangan saya. Begitu masuk gedung "bandara"nya, kita langsung berada di area Imigarsi.

Proses imigrasi sangat lancar walau mengantri lumayan lama, karena form kedatangan diisi oleh petugas Imigrasi, jadi yang perlu kita siapkan hanya passport tanpa covernya. Saya sudah menyiapakan tiket bus keluar Russia dan hostel saya di Irkutsk dan Okhlon tetapi tidak ada satu pertanyaan pun yang ditanyakan.

Begitu keluar dari area imigrasi kita akan berada di ruangan pengambilan bagasi yang sangat kecil, dilanjutkan dengan custom clearance dan akhirnya kita akan berada di ruang kedatangan. Ruang kedatangan ini juga sangat kecil, sayang sekali saya lupa mengambil foto karena para supir taxi langsung mendatangi penumpang untuk menawarkan jasa mereka. Heran juga sih, mereka bisa masuk ke dalam ruang kedatangan ini. Risih rasanya, apalagi saat mereka tetap mendekati saat saya menarik uang dari mesin ATM, yah walaupun mereka tetap menjaga jarak, tapi tetap saja agak gimana gitu. Tapi untungnya mereka tidak seagresif supir taxi di bandara Aceh.

Penarikan cash done! Selanjutnya mencari local SIM CARD. Entahlah karena masih sangat pagi atau memang keadaannya seperti ini, cuma ada 1 counter/toko penjual souvenir di kedatangan ini dan mereka tidak menjual simcard. Jawaban yang saya dapatkan saat menanyakan bagian informasi di airport adalah cuma jawaban pendek “next building” dengan tangannya menunjukkan kearah kanan saya. Singkat dan padat tanpa dihiasi senyuman.

Baca juga : Itinerary tiga minggu di Rusia dengan trans siberia

Saya pun keluar dari ruang kedatangan, tapi sampai di luar saya bingung, tidak mengerti next building yang dia maksud yang mana. Karena begitu saya sampai di luar ruangan kedatangan ini, ternyata bangunan ini cukup besar. Di sebelah kanan pintu masuk ke bandara, terdapat satu pintu tertutup dengan lambang “tambah” di pintunya dan saya yakin itu adalah pusat medical atau sejenis rumah sakit atau klinik atau apotik. Nggak mungkin kan yah mereka jual simcard?

Di sebelah kiri ada satu pintu lagi, informasi yang ada hanya bahasa Rusia yang sama sekali tidak saya mengerti. Nggak mungkin ini kan ya? Agak jauh terpisah dari bangunan bandara ini terdapat bangunan lain di sebelah kiri dan kanan, masa iya jauh begitu? Seorang supir taxi yang tampaknya sudah berumur early limapuluh atau mungkin late empatpuluh, tanpa mengenal lelah menawarkan jasanya dan saya pun tanpa rasa bosan menjawab “No”,naik taxi mahal euy. Tapi memang dia pantang menyerah, ia tetap mengikuti saya tapi tidak menakutkan kok.

Saya masuk lagi ke dalam bandara, menanyakan lagi kembali ke petugas yang menjaga pintu dan masih dengan singkatnya ia pun menjawab sama dengan petugas bagian informasi “next building”. Tak ada gunanya menanyakan lebih lanjut saya pun mencoba peruntungan saya di gedung yang berada di sebelah kanan bandara yang ternyata adalah bangunan bandara/pintu untuk keberangkatan (sepertinya) dan juga penerbangan domestik. Sebenarnya aneh juga ya, seharusnya simcard itu dijual di bandara kedatangan.

Pak supir rupanya mulai sadar apa yang saya cari saat saya mengarah ke pintu masuk bandara domestik ini dan dengan baik hatinya mengarahkan saya ke penjual simcard. Seharusnya tidak perlu sih karena sebenarnya saat sudah di dalam airport ini, kita langsung bisa menemukan counter penjual simcard. Tidak ingin dia menunggu saya dengan harapan kosong, saya meminta lelaki muda penjual simcard untuk mengatakan bahwa saya tidak perlu taxi, barulah bapak itu meninggalkan saya.

Walaupun si penjual simcard ini tidak fasih berbahasa Inggris, dia masih mengerti apa yang saya maksud dan saat dia ingin menyampaikan sesuatu, dengan inisiatif ia langsung menggunakan smartphone untuk membuka aplikasi translate.

Saya memutuskan untuk membeli Simcard Megafon, karena berdasarkan informasi yang saya baca perusahaan ini merupakan salah satu yang terbesar di Rusia dan jaringannya lumayan bagus. Sangat berbeda dengan di China, harga yang saya bayarkan di sini sangat murah, bayangkan dengan hanya membayar 350 ruble atau sekitar IDR 80.000 saya sudah mendapatkan pulsa 5 Ruble, unlimited internet di Irkutsk dan 20GB untuk di seluruh Rusia. Tidak sampai 10 menit, kartu saya pun sudah siap untuk digunakan. Selanjutya menenmukan transportasi ke bus station Irtkuts yang akan membawa saya ke Khuzir, Okhlon.

Baca juga : Transportasi airport Irkutsk ke bus station Irkutsk


Note : Saat beli kartu simcard, tanya detail mengenai paketnya/tariffnya, karena untuk kartu yang saya beli, setiap 15 hari saya ternyata harus bayar sekitar 125 Ruble agar data saya bisa digunakan. Menurut teman lokal Rusia, tarif/paket simcard saya itu adalah "Turn On" setiap 15 hari saya akan dicharge 125 rubles.

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar