Three Weeks in Russia

Beberapa tahun terakhir, Russia sedang menjadi trending topic bagi kalangan traveler khususnya Indonesia. Dan dalam rute perjalanan panjang saya ini, Russia menjadi jembatan-ku dari China ke Eropa. Mengurus visa Russia ini gampang gampang susah karena di website kedutaan Russia sendiri sangat tidak detail. Banyak yang bilang gampang, banyak yang bilang ribet.

Awalnya saya pikir juga sangat ribet, tapi setelah submit dokumen ke kedutaan dan mendapat penjelasan langsung dari petugas di kedutaan Russia, sebenarnya sangat simple dan tidak ribet. Tapi sebelum mendapat informasi tersebut, visa Russia menjadi salah satu visa yang pengurusannya sedikit menguras waktu saya, untuk detail pengalamanku dalam pengurusan visa Russia akan saya tuliskan dalam post terpisah.

Melakukan perjalanan Trans Siberia merupakan mimpi banyak orang, saya juga rencananya akan melakukannya dalam trip kali ini tetapi karena ternyata International ticket dari Beijing ke Irkutsk, saya pun memutuskan naik pesawat ke Irkutsk, dan memulai perjalanan Trans Siberia ini dari Irkutsk. Di dalam melakukan perjalanan ini saya berhenti di beberapa kota yang menarik menurut saya, untuk detail itinerary saya selama 20 hari di Russia sebegai berikut :

1. IRKUTSK & OKHLON – 4H3M
Pada umumnya tujuan traveler mengunjungi kota ini adalah untuk melihat keindahan Baikal Lake, merupakan danau terdalam dan tertua di dunia. Untuk menikmati danau ini traveler bisa memilih untuk mengunjungi pulau Okholn atau Listvyanka. Pulau Okhlon letaknya lebih jauh dari Irkutsk tapi saya menyarankan tempat ini karena perjalanan ke Okhlon sendiri sangat indah. Di kota Irkutsk sendiri kita juga bisa melihat beberapa bangunan gereja yang menarik.


2. YEKATERINBURG – 1H
Ada yang bilang kota ini kurang menarik, ada juga yang bilang menarik. Menurut saya sendiri, kota ini sama saja dengan kota besar lainnya di Russia. Salah satu alasan terbesar saya di kota ini adalah karena saya sudah berada di kereta selama 50 jam perjalanan. Kota Yekantinburg atau juga disebut Ekatinburg memang seperti kota di Russia pada umumnya, tetapi ternyata di luar kota Yekantinburg ini kita bisa menikmati keindahan pegunungan Ural. Sayangnya Dan itinerary saya sudah fix, tiket kereta ke Kazan sudah dibeli dan hostel pun sudah dibayar semua. Jadi di yekatinburg saya hanya explore pusat kota ini saja.


3. KAZAN – 2H1M
Kota ini direkomendasikan untuk disinggahi saat kita melakukan perjalanan kereta Trans Siberia karena kota ini merupakan kota dengan populasi muslim terbesar di Russia dengan culture yang unik. Biasanya kota ini juga menjadi salah satu tujuan turis di Russia, jadi di kota ini saya sudah mulai melihat banyak turis turis asing lainnya.


4. NIZHNY NOVGOROD – 2H1M
Kota ini terletak diantara Moscow dan Kazan, menjadi kota persinggahan saya sebelum mengunjungi Vladimir dan Suzdal. Sebenarnya kota ini bisa saja saya skip dan langsung ke Vladimir, menginap di Vladimir sebelum ke Suzdal. Tetapi karena harga hostel di Vladimir jauh lebih mahal dibanding Nizhny, saya menginap di Nizhny. Kota Vladimir dan Suzdal ini adalah kota yang termasuk dalam Golden Ring Russia.


5. VLADIMIR – 1H
Vladimir adalah kota terdekat dengan Suzdal, dalam bayangan saya kotanya kecil saya. Tapi saya salah, kotanya lumayan besar, transportasinya pun gampang. Tapi saya di kota ini hanya beberapa jam saja karena siang hari saya akan ke Suzdal, tujuan utama saya.

6. SUDZAL – 2H1M
Kota kecil yang termasuk dalam “golden ring" Russia. Hanya sektiar 1 jam dari Vladimir. Saya jatuh cinta dengan kota ini. Bangunan rumahnya masih typical Russia, sengaja ditata sedemikian rupa. Transportasi umum memang sedikit sulit, tapi hampir semua tempat wisata bisa dijelajahi dengan berjalan kaki.


7. MOSCOW – 4H3M
Tujuan utama turis dan traveler saat merencanakan perjalanan ke Russia. Kesan pertama yang saya dapat begitu keluar metro station adalah "metropolitan". Memang bukan seperti di Jakarta yang mempunyai gedung gedung tinggi, tetapi deretan pertokoan di tepi jalan dan trotor yang penuh dengan pejalan kaki, sangat berbeda dengan kota kota di Russia yang sudah saya kunjungi. Highlight di kota ini tentunya Red Square, Kremlin Museum Complex dan St. Basilica Cathedral.


8. VELIKY NOVGOROD – 1H
Kota ini terletak di antara Moscow dan Saint Petersburg, biasanya traveler dari Moscow langsung ke St Petersburg tanpa menyingahi tempat ini. Apalagi jika traveler membeli tiket kereta cepat dari Moscow ke St Petersburg. Sementara saya punya waktu, dana terbatas maka kereta malam adalah pilihan saya. Dan tentunya tidak ada salahnya singgah di kota ini. Apakah kota ini sangat menarik? Sebenarnya sulit untuk dijawab karena setiap kota punya daya tarik sendiri, tapi jika kamu tidak punya waktu banyak, sebaiknya kota ini diskip saja.

9. SAINT PETERSBURG -5H4M
Kota kedua yang menjadi tujuan traveler saat mengunjungi Russia, kota ini merupakan UNESCO World Heritage juga. Saya memutuskan lebih lama disini karena banyak membaca blog traveler bahwa kota ini lebih menarik dibanding di Moscow dan secara biaya, menurut saya kota Saint Peterburg ini lebih murah dibanding dengan Moscow. Highlight di kota ini adalah dan saya senang saat memutuskan untuk tinggal lebih lama disini, karena secara personal saya juga lebih suka kota ini dibanding Moscow.

Selama 20 hari hari saya di negara ini tidak ada masalah significant yang muncul, hanya terkadang kendala bahasa tapi semuanya bisa diatasi. Dan orang orangnya walaupun terkenal kurang ramah, tapi menurut saya sangat menolong. Dan satu lagi mereka lebih mengerti bahasa Inggris walaupun mereka tidak begitu lancar saat berkomunikasi. Jadi apakah saya akan kembali ke Russia? Ya, tapi saya akan mengincar kota kecil lainnya. Bagaimana dengan budget yang saya habiskan selama trip 20 hari ini ? Pastinya irit, untuk detailnya bisa dibaca dalam post Budget 20 hari di Russia ini.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser