10 Hari di Yunani, kemana saja?

Delapan tahun lalu saat saya berkunjung ke Eropa untuk pertama kalinya, saya tidak mengunjungi negara ini karena waktu yang terbatas. Dan dalam trip kali ini negara ini secara khusus saya masukkan ke dalam itinerary jangka panjang saya karena saya ingin mengunjungi Santroni, salah satu highlight saya dalam trip arround the world ini.

Yunani berada di bagian selatan dan tenggara Eropa, berbatasan dengan beberapa negara Balkan seperti Albania dan Bulgaria. 80% dari Yunani adalah pegunungan tetapi Yunanibjuga berada di urutan ke-11 dengan garis pantai yang terpanjang di dunia. Di bagian terdapat Laut Aegean, di bqgian barat ada Laut Ionian, sedangkan di bagaian selatan terdapat laut Cretan dan Mediterania. Karena posisinya, Yunani memiliki banyak pulau pulau, sebanyak 227 pulau dihuni oleh penduduk. Beberapa pulau yang terkenal yaitu Santorini, Mykonos dan Crete.

Saya cuma 10 hari di negara ini, jadi tidak banyak kota yang bisa saya kunjungi. Tetapi selama 10 hari di Yunani tersebut saya menikmati keindahan lautnya, pegunungannya dan juga sejarahnya. Rincian itinerary 10 hari saya di Yunani sebagai berikut :

1. AHTENS - 4H5M
Hari pertama saya menginap di Athens International Airport karena kita baru landing sekitar 22.30. Di hari kedua barru saya menginap di hostel di Athens dan hari ketiga saya kembali menginap di ariport karena penerbangan saya ke Santorini pukul 06.55. Selain lebih irit, saya juga tidak ingin berangkat terburu buru dari hostel.

Bisa dibilang kota ini merupakan base perjalananku di Yunani. Karena tiap menuju kota lain atau saat kembali dari kota lain saya harus singgah di kota ini karena masalah transportasi. Jadi kalau didetail, rute saya di Athens seperti berikut.
1a. 2H3M saat landing pertama sekali dari Budapest, Hungary
1b. 1H1M, saat saya kembali dari Santorini. Saya harus menginap di Athens sebelum perjalanan ke Kalambaka, karena train yang direct ke Kalambaka cuma ada 1x sehari, itupun cuma pagi.
1c 1H1M saat saya kembali dari Kalambaka. Saya juga harus menginap karena dari Kalambaka hanya ada 1x train yang direct ke Athens dan itupun cuma sore. Sementara flight saya ke Roma, Italy malam hari.


2. SANTORINI - 4H3M
Kenapa begitu lama? Rencananya sebenarnya cuma 3H2M tapi karena tiket pesawat dari Santorini ke Athens baru murah di hari keempat saya memutuskan untuk stay lebih lama. Kenapa tidak naik ferry? Harga tiket pesawat dan tiket ferry sama saja, dengan ferry perjalanan sekitar 7 jam, itupun karena sudah masuk musim dingin pilihan jadwal kapalnya tidak terlalu banyak.


3. KALAMBAKA - 3H2M
kota yang cukup asing bukan? Tapi kota ini benar benar menarik untuk dikunjungi. Highlight disini adalah Meteora, yaitu gugusa tebing batu yang menakjubkan. Meteora ini juga merupakan nama salah satu monastery terbesar di Kalambaka ini, yang juga merupakan Unesco World Herigate. Rencananya di kota ini cuma 2H1M saja, tapi karena di hari pertama saya cuma sempat trekking sebentar sementara masih banyak yang harus diexplore maka saya pun extend 1 malam lagi. Tiga hari di Kalambaka menurut saya waktu yang tepat untuk explore Meteora. Tapi jika kamu pencinta museum maupun history, sebaiknya tinggallah lebih lama.

Bagi saya yang bukan pencinta sejarah dan museum, Santorini dan Kalambaka memberikan warna yang berbeda dalam perjalanan saya di Yunani ini dan kedua kota tersebut menjadi kota favorit saya di Yunani.




Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser