Toilet China Sangat Kotor, Benarkah?

Jadi sebelum saya memulai trip ke China ini, sudah banyak banget blog yang saya baca yang bercerita tentang betapa kotornya toilet di China. Walaupun sudah tahu begitu saya, tetap saja saya memutuskan untuk berada di China sekitar tiga minggu, detail lengkap saya kemana saja selama di China bisa dibaca di dibaca di post Itinerary China.

Pertama sekali saya masuk toilet di China di airport Guangzhou. Tentunya toilet ini bersih. Di pusat kota, di seputaran Pearl River, saya banyak sekali menemukan toilet umum. Dengan rasa penasaran saya pun mengintip kedalam walaupun tidak ada keinginan untuk buang air kecil. Toiletnya cukup bersih dan terdapat pintu pada masing masing toilet.

Di beberapa kota lain saya pun sempat melakukan "survey" dan menemukan kondisi-nya juga lumayan. Di beberapa tempat memang ada yang pintunya hanya di bagian tengah aja. Tapi selama 26 hari di China, saya akhirnya mengalami juga apa yang namanya "toilet jorok di China itu"

Kejadian pertama adalah di saat perjalanan dari Fenghuang bus stasiun. Dari Fenghuang saya harus naik bis sekitar 2 jam ke Tongren untuk naik kereta ke Chongqing. Setelah menaruh backpack besar saya di ruang tunggu, saya pun ke toilet untuk buang air kecil. Toilet disini adalah toilet tua yang masing masing pintunya hanya setengah, di bagian bawah dan atas bolong. Saat saya masuk ke toilet, bau tidak sedap sudah mengganggu hidung, tapi dengan bantuan masker dan tissue saya masih bisa mengatasinya. Saya mendorong pintu toilet pertama, keadaannya sangat memprihatinkan. Bekas hajat manusia yang tidak disiram bersih tampak mengering di seputaran mulut kloset. Dibalik pintu toilet yang kedua lebih parah, seonggok hajat kering. Yang ketiga, keempat dan beberapa toilet yang lain kondisinya sama saja. Entahlah, kenapa untuk menyiram saja orang orang malas ya? Bukannya tidak ada air lo. Akhirnya saya menyelesaikan misi saya di salah satu toilet yang agak layak.

Pengalaman kedua di kereta api saat menuju Xi'an dari Chongqing. Kereta sangat penuh, karena liburan "golden week" sudah mulai. Sudah beberapa kali saya naik kereta di China dan sampai saat ini tidak ada pengalaman yang buruk dengan toilet. Kondisnya sama saja dengan toilet kita di Indonesia. Tapi kali ini, saya tidak bisa menghindar.

Menjelang pagi, panggilan alam membuat saya mengantri di toilet di wagon saya berada. Sebenarnya malas karena antrian begitu panjang, tapi karena sudah sangat kebelet, mau tidak mau saya ikutan antri juga. Setelah sekitar 15 menit tibalah giliran saya. Begitu saya buka pintu tercium bau yang tidak enak, bukan bau pesing. Saya pikir mungkin ada orang yang baru buang air besar. Tapi kamu tahu apa yang saya lihat? Seonggok hajat kering di kloset. Saya pikir apa ini orang yang sebelum saya? Tapi rasanya tidak mungkin karena tampaknya sudah kering. Gila ya, sempat sempatnya saya perhatiin kondisinya.

Orang orang sebelum saya tampaknya lancar lancar saja menjalankan misi mereka, jadi saya pun mencoba. Saya menutup mata dan mencoba untuk menutup pintu sehingga saya bisa menjalankan misi saya. Tapi belum juga pintu ditutup dengan benar, baunya jadi lebih menyengat membuat saya mual mual sehingga saya buru buru keluar sebelum berhasil menjalankan misi.

Orang yang antri dan duduk di seputaran toilet tampak bingung dengan keadaan saya. Masih dengan mual mual seperti orang yang lagi "morning sick" saya masih memperhatikan orang orang yang mengantri dibelakang dengan santainya masih bisa menjalankan misi mereka. Dan setelah saya pikir pikir sepertinya "seonggok kering" itu bukan terjadi sebelum saya, pasti jauh sebelumnya. Tapi "hebatnya" orang orang disini masih bisa melakukan hajat mereka. Sepertinya hal seperti ini sudah sangat biasa bagi mereka.

Saya akhirnya bisa menjalankan misi saya setelah mencari cari toilet yang agak layak di gerbong lain. Lebih baik berjalan agak jauh walau memang ribet karena kereta padat sekali daripada memaksakan diri di toilet yang tidak layak.

Selain dari dua pengalaman tersebut saya temukan toilet di China not too bad. Sama saja dengan beberapa toilet umum yang ada di Indonesia. Kalau kamu pernah menemukan toilet yang lebih buruk dibanding saya di China? Jadi kalau saya mengambil kesimpulan, di kota kota besar toilet umum China tidaklah begitu buruk, tapi kalau di kota kecil khususnya toilet di stasiun bus/kereta kalau bisa dihindari saja. Saya beberapa kali ke toilet di tempat wisata, menurut saya masih okay juga, walaupun tidak begitu bersih, tapi tidak juga kotor banget.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser