Empat hari di Santorini dengan budget 1,6 juta, memang bisa?

Santorini ini adalah salah satu kota yang masuk dalam wishlist travelingku dan oleh sebab itu saya memasukkan kota ini ke dalam itinerary Yunaniku dan beruntung aku bisa merealisasikannya. Santorini memang indah, tapi di kalangan backpacker, kota ini merupakan kota yang relatif mahal. Beberapa traveler yang saya temui di hostel di Athens dan kota lain, juga selalu mengkonfirmasi hal ini.

Jadi sebelum berangkat ke Santorini, saya menyempatkan beli snack dan juga spageti untuk dimasak disana, persiapan kalau harga di Santorini

Selama 4 hari disana, bisa dibilang saya bolak balik Fira, Oia dan desa sekitarnya saja. Itinerary saya disini sangat santai bahkan terbilang malas, tapi saya sangat puas. Berikut ini itinerary saya :

Day 1, Travel Day Athens - Santorini
Penerbangan saya dari Athens ke Santorini sekitar jam 06.55, tapi saya sudah di airport sejak jam 24.00. Selain untuk menghemat biaya hostel, saya juga malas kalau harus bangun jam 02.00 dan melakukan perjalanan ke airport. Perjalananan dari Athens ke Santorini sekitar 45 menit saja. Dari Santorini International airport saya naik public bus ke pusat kota, dan berhenti di Kartedox, lokasi hostel saya berada. Karena kepagian dan tamu belum check out, saya belum bisa check in. Jadi saya memutuskan melihat lihat Fira sebentar, makan siang dan akan kembali ke hostel untuk istirahat karena badan saya kurang begitu fit. Mungkin karena tidak bisa tidur di airport plus kemarin main hujan hujanan di Athens.

Walaupun badan kurang fit saya masih sempat trekking di Donkey Trail di Fira, ke pelabuhan yang mereka sebut "Old Harbour". Pelabuhannya kecil saja, biasanya yang ikut cruise di Santorini akan berhenti di pelabuhan ini. Air laut di pelabuhan ini sangat jernih, rasanya ingin loncat apalagi sudah lama banget tidak main air laut.

Day 2, Trekking Fira ke Oia
Dari awal saya memang ingin melakukan hal ini, walaupun makan waktu sekitar 4-5 jam. Disarankan berangkat pagi biar jalannya tidak begitu panas, tapi karena saya datang di musim autumn cuaca tidak panas, jadi saya baru start dari hostel saya di Kartedox jam 11.00. Jadi hari ini otomatis seharian saya pakai untuk trekking. Cerita trekking saya bisa dibaca disini.

Day 3, Explore Oia dan Fira
Saya kembali lagi ke Oia dengan bus karena kemarin saya sampai di Oia sekitar jam 16.00 dan karena autumn jam segitu sudah mulai gelap, sunset mulai sekitar jam 16.30. Kali ini saya menjalankan misi saya yang lain yaitu photo di Santorini dengan colourful dress. Cuaca sangat mendukung karena walaupun dingin, angin tidak begitu kencang jadi saya masih aman dengan dress norak saya.

Tapi tidak gampang mengambil foto yang bagus dengan mengandalkan tripod karena medannya yang tidak rata. Dan juga tidak semua tempat menarik yang kita lihat di internet itu bisa kita datangi karena sebagian besar adalah private area. Dari Oia sebenarnya saya ingin ke Perissa, kawasan pantai dengan pasir hitamnya. Tetapi karena saya harus mengikuti jadwal bis dari Fira, maka kemungkinan besar saya baru sampai di Perissa sekitar jam 16.00 dan pastinya sudah mulai gelap dan cuaca juga pasti sudah dingin. Jadi saya batalkan dan malah menunggu sunset di Fira

Day 4, Travel Day Santorini - Athens
Travel day adalah hari malas malasan bagi saya. Bangun siang, menikmati kopi dengan santai di balkon kamar, main laptop ataupun sekedar mengintip social media.

Budget yang saya habiskan selama 4 hari di Santorini ini cuma sebesar IDR 1.637.000, tidak termasuk tiket pesawat, dengan detail sebagai berikut :

1. Biaya transportasi lokal - IDR 121.000 (EUR 7,20)
Saya kemana mana menggunakan public bus, sekali naik sekitar 1,80 Euro. Dan karena saya cuma "sempat" ke Fira dan Oia, maka biaya yang saya keluarkan sangat sedikit. Tapi walaupun saya ke Perissa dan Kamari Beach, paling biayanya tidak lebih dari 15 Euro.

2. Biaya makan - IDR 230.000 (EUR 13,76)
Ini saya agak shock sih, bayangan saya makanan disini akan mahal sekali. Tapi ternyata tidak, saya makan souvlaki cuma 2,3 Euro hampir sama dengan di Athens. Untuk harga di supermarket juga tidak jauh berbeda, yang agak mahal disini cuma buah buahan. Biaya makan saya sangat murah karena saya makan diluar cuma 1x sehari itupun biasanya souvlaki. Sarapan pagi saya di hostel (roti dan kopi) dan makan malam saya di hostel (spageti dan telur) atau sereal.

3. Biaya penginapan - IDR 1.286.000 (EUR 77)
Biaya yang paling banyak yang saya keluarkan, karena jadwal sudah fix dan tiba tiba teman travel membatalkan rencananya kesini, maka saya terpaksa bayar 2x lipat. Karena untuk jadwal yang sudah terset, saya sudah tidak bisa mendapatkan shareroom alias dormitory karena mereka sudah libur untuk musim dingin.

Jadi overall biaya yang paling besar saya keluarkan adalah biaya penginapan dan kalau seandainya saya dapat di dormitory, maka biayanya bisa turun lagi. Sementara untuk biaya makan tidak jauh berbeda dengan di Athens. Punya budget terbatas? Tetap bisa ke Santorini kok, yang penting harus pintar dalam mengolah budget.

Tips :
1. Untuk mencapai Santorini bisa dengan boat dan pesawat, tapi terkadang harga tiket pesawat bisa lebih murah dibanding dengan boat. Jadi sering sering lihat harga tiket pesawat saja sebelum memutuskan transportasi ke Santorini
2. Hotel/Hostel di Fira dan Oia lebih mahal dibanding Kartedox, jadi pilihlah Kartedox untuk lokasi penginapan jika kamu punya budget terbatas, karena dari tempat ini kita masih bisa berjalan kaki ke Fira, terminal public bus berada.
3. Jika traveling berdua atau lebih dari dua disarankan untuk sewa motor/mobil, dengan begitu waktu lebih leluasa karena schedule public bus yang terbatas.