Skip to main content
TravelNimble

follow us

Itinerary 24 Hari Di CHINA

Itinerary saya di China ini sangat flexible. Tidak ada hostel yang saya book dari Jakarta, bahkan hostel di Guangzhou pun baru saya book di bandara Guangzhou. Sementara hostel di kota lainnya saya book sehari atau beberapa hari sebelum keberangkatan ke kota tersebut, begitu pun tiket kereta/bus. Tetapi hal tersebut hanya bisa dilakukan jika bukan pada musim liburan,seperti golden week yang jatuh pada tanggal 1-7 October.

Di musim liburan akan sangat sulit untuk mendapatkan tiket. Hal ini saya alami untuk tiket saya Congqing – Xian dan Xian – Beijing. Masih untung saya mendapatkan seat kosong untuk tiket Xian – Beijing walaupun dengan kereta yang sangat lambat, perjalanan 19 jam, padahal biasanya 11-13 jam. Sementara untuk tiket Congqing – Xian saya hanya mendapatkan tiket “standing”. Sebenarnya masih ada bullet train yang kelas 1 dengan harga 600-1000 Yuan sekali jalan, tetapi harga tersebut jauh diluar budget saya. Jadi standing pun diambil, karena untuk dua hari kedepan seat tetap penuh. Toh masih bisa duduk di koridor atau berharap ada kursi kosong selama perjalanan.

Walaupun itinerary sudah disusun, actual bisa saja berbeda. Dan berikut ini adalah itinerary actual saya selama di China. Total biaya yang saya habiskan tidak sampai IDR 10.000.000, tidak termasuk visa China dan tiket pesawat keluar China. Agar tulisan ini tidak terlalu panjang, detail budget akan tuliskan dalam post terpisah.

1. GUANGZHOU, PROVINSI GUANGDONG – 3H2M
Kota pertama di China yang saya kunjungi karena tiket dari Singapore yang paling murah adalah kekota ini, tidak sampai IDR 800.000, saya sudah sampai di China. Awalnya saya berencana tinggal di kota ini 2H1M saja, tetapi karena hari pertama badan saya rasanya lelah sekali dan tidak bisa kemana mana, akhirnya saya pun extend 1 malam lagi di Guangzhou. Hari kedua saya baru keluar siang dan explore kota Guangzhou sampai malam. Sedangkan hari ketiga adalah travel day saya, jadi saya pun tidak kemana mana, hanya bangun siang, packing dan berangkat ke stasiun kereta.
Penginapan : Lazy Gaga Youth Hostel

2. GUILIN, WILAYAH GUANGXI – 3H2M
Kota ini menjadi pilihan saya karena keindahan sungai Li dan kota ini juga merupakan pintu masuk saya untuk mengunjungi kota Yangshou. Guilin ini awalnya merupakan kota pertama yang saya kunjungi karena ada penerbangan murah dari Kuala Lumpur, sekitar IDR 900.000. Tetapi karena pengurusan visa Schengen saya masih jauh dari selesai, saya tidak berani untuk langsung issued sehingga saya pun kehabisan harga promo ini.

Rencana awal sebenarnya saya langsung ke Yangshuo pada saat sampai di Guilin, tetapi karena issue tiket kereta di Guangzhou, saya sampai di Guilin sudah terlalu sore sehingga harus bermalam di Guilin dan besoknya baru berangkat ke Yangshuo. Tetapi di hostel saya bertemu dengan seorang traveler asal Holland dan kita pun janjian untuk berangkat bareng ke Yangshuo keesokan harinyanya. Untungnya hostel di Guilin masih bisa diperpanjang 1 malam lagi, sehingga total saya stay di Guilin 3H2M.
Penginapan : Ease Hostel

3. YANGSHUO, WILAYAH GUANGXI – 3H2M
Satu hal yang paling ingin saya lakukan di kota ini adalah bamboo raff. Melihat keindahan bukit bukit karst dari tengah sungai. Bamboo raff ini merupakan salah satu option yang bisa kita pilih jika dananya terbatas. Bagi dananya yang tidak terbatas mungkin bisa memilih cruise dari Guilin ke Yangshuo, dengan fasilitas yang jauh lebih bagus tentunya.

Di Yangshuo ini pun saya terpaksa extend 1 malam lagi, karena saat kami tiba di Yangshuo, hujan sedang turun membasahi kota Yangshuo. Walaupun hujan kemudian berhenti, menurut perkiraan cuaca, hujan kemungkinan akan turun lagi sehingga saya tidak bisa melakukan bamboo raff.
Penginapan : Yangshuo Travelling With Hostel

4. ZHANGJIAJIE, PROVINSI HUNAN – 5H4M
Zhangjiajie terkenal karena keindahan alamnya, khususnya Zhangjiajie National Park. Nah, jika kamu pernah menonton film avatar, katanya sih, background alam film tersebut diinspirasi oleh gunung di Zhangjiajie ini, sehingga di gunung ini kamu akan temui juga patung avatar dekat dengan Hallejuah flatform.

Rencananya saya tinggal disini sih cuma 3 hari saja, tetapi karena hari ketiga saya hiking lagi ke Tianzi mountain dan hari keempat kaki saya sangat berat sekali untuk digerakkan, maka saya memutusan untuk menambah 1 malam lagi sehingga saya bisa mengistirahatkan kaki dan badan saya di hostel.
Penginapan : Destination Youth Hostel

5. FENGHUANG, PROVINSI HUNAN – 2H1M
Kota ini adalah kota tua yang sangat menarik, berada di pinggir sungai Tou Jiang dengan bangunan rumahnya yang terbuat dari kayu. Sangat menarik untuk dikunjungi. Di dalam kota Fenghuang ini sebenarnya tidak banyak yang bisa dilakukan, jadi 2H1M adalah waktu yang sangat cukup disini.

Penginapan : Xiangzishen Hostel

6. TONGREN, PROVINSI HUNAN – 1H
Sebenarnya saya hanya beberapa jam di kota ini, karena di malam terakhir di Fenghuang saya memutuskan untuk ke Congqing dan membatalkan Huashan karena menurut perkiraan cuaca di Huashan akan hujan dan rasanya saya masih agak sedikit berat kalau hiking lagi. Di kota ini saya hanya mutar mutar kotanya. Diluar bayangan saya, kota ini sangat ramai. Terdapat banyak café kecil nan mungil yang menarik, banyak toko toko dan mall. Bahkan stasiun keretanya pun lumayan besar.


7. CHONGQING -3H2M
Kota ini tidak pernah ada di list itinerary saya, tetapi karena batal ke Huashan saya harus mencari option kota lain yang bisa menjadi jembatan saya ke Xi’an dan layak untuk dikunjungi dan kota ini pun menjadi pilihan. Kota ini adalah salah satu kota metropolitan di China dan terkenal sebagai kota pegunungan.

Penginapan : Wukong Hostel

6. XI’AN, PROVINSI SHAANXI – 3H2M
Xi’an terkenal dengan terracotta warrior-nya dan biasanya sebagai kota persinggahan jika orang orang ingin ke Huashan. Niat saya untuk mengunjungi kedua tempat tersebut terpaksa saya batalkan karena Golden Week, saya yakin pasti akan terlalu ramai orang dan saya tidak mau membayar uang masuk yang cukup mahal dengan antrian yang pasti akan membludak, menyita waktu dan emosi saya.

Penginapan : Xi'an Hometown Hostel

8. BEIJING - 3H2M
Highlight saya di kota ini tentunya adalah Great Wall. Tantangannya pasti sangat besar karena saat saya berada di kota ini, di China sedang liburan panjang, Golden Week. Tapi saya sudah bertekad, bagaimanpun caranya saya harus sampai di Great Wall.

Masa sudah sampai di Beijing tapi tidak ke Great Wall? Apakah saya harus berangkat sangat pagi, atau harus ikut tour, yang penting harus ke Great Wall. Sementara tempat lainnya, jika terlalu ramai saya tidak akan pergi. Buat apa bayar uang masuk ke tempat wisata yang mahal jika kita tidak bisa menikmati karena terlalu berdesakan? Kota ini adalah kota terakhir saya di China, dari kota ini saya akan terbang ke Irkutsk, Russia.

Pengianpan : Happy Dragon, Saga Youth Hostel

Pernah dengar kalau China itu negara jorok? Khususnya toiletnya? Walaupun di awal perjalanan di China saya tidak merasakannya, tapi sempat juga saya mengalami hal yang tidak mengenakkan itu. Mau tahu seperti apa? Cerita lengkapnya bisa baca Toilet China Sangat Kotor, benarkah ?

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan postingan. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar