Tiga Minggu Traveling di China Dengan Biaya 10 Juta

Biaya yang saya keluarkan selama 24 hari di China adalah sekitar IDR 9.835.000,- tidak termasuk biaya visa, biaya komunikasi (paket data) dan tiket pesawat Beijing – Irkutsk. Diantara post post tersebut menurut saya biaya yang paling tinggi saya keluarkan adalah untuk biaya uang masuk tempat wisata, padahal tidak semua tempat wisata berbayar saya masuki.

Detail post biaya yang saya keluarkan sebagai berikut :

1. Tiket pesawat Singapore – Guangzhou, IDR 786.000,-
Tiket keluar dari China tdak saya masukkan dalam budget di China karena saya tidak pulang ke Indonesia, melainkan saya masuk ke Russia, sehingga biaya ini saya masukkan dalam budget Russia

2. Transportasi antarkota, IDR 2.891.000,-
Biaya ini adalah biaya bus dan kereta yang saya keluarkan untuk transfer antara kota. Untuk transportasi antarkota saya lebih banyak menggunakan pembayaran cash, karena kalau beli langsung di stasiun tidak ada biaya tambahan yang harus kita bayarkan. Jika kita melakukan pembelian tiket secara online, maka aka nada biaya tambahan sebesar 20-40 Yuan. Kalau hanya sekali sekali sih tidak masalah, tapi kalau frekuensi kita naik kereta cukup sering kan sayang, mendingan buat biaya makan.

3. Transportasi lokal, IDR 480.000,-
Ini adalah biaya metro, bis di dalam masing masing kota. Tidak banyak memang karena kebanyakan hostel saya pilih tidak jauh dari pusat kota dan tempat wisatanya, sehingga bisa menghemat biaya transportasi lokal karena saya jadi lebih sering jalan kaki.


4. Biaya penginapan, IDR 1.745.000,-
Biaya penginapan di China menurut saya murah dan tidak ada sekalipun saya menginap di Couchsurfing di negara ini, padahal sebenarnya opsi ini bisa menghemat lebih banyak. Kenapa saya tidak mengambil opsi Couchsurfing di China ini? Lebih kepada karena biaya hostel yang relatif murah dan karena merupakan pengalaman pertama menjadi solo traveler dalam jangka panjang, saya rasa saya harus membiasakan diri dulu.

5. Biaya makanan dan minuman IDR 1.800.000
Menurut saya ini biaya makan ini cukup murah, tidak jauh beda dengan biaya makan saya di Jakarta saat saya masih bekerja. Untuk gaya makan saya di Jakarta hampir sama saja dengan di China ini. Pagi saya biasanya hanya sarapan roti dengan kopi/teh. Kalau siang biasanya makan di restaurant restaurant kecil dengan harga 10-20 yuan atau kadang buah atau kadang roti, tergantung situasi dan kondisi saja. Kalau makan malam hampir sama juga dengan makan siang, sedapatnya saja. Tidak ngeyel harus makan sesuatu. Untuk biaya makan ini, saya sempat juga masuk restaurant sebanyak 2-3 kali tapi kebayakan saya memang makan di warung warung kecil, yang satu porsi makan sekitar 10-20 yuan. Dan makanan disini lumayan cocok di lidah saya.

6. Biaya uang masuk tempat wisata/aktivitas wisata IDR 2.300.000
Secara nominal, post uang masuk tempat wisata ini tampak tidak jauh berbeda dengan transportasi antar kota yang saya keluarkan. Tapi menurut saya, post ini adalah biaya yang paling mahal selama travelling di China, mungkin kalau semua tempat wisata yang saya kunjungi saya masuki mungkin post ini bisa meningkat sampai 4-5 kali lipat. Kebanyakan saya numpang photo di depannya saja. Selama di China saya hanya masuk ke wisata berbayar sekitar 4 kali 1 kali ikut tour ke great wall dan 1 kali mengunjungi local show.


7. Biaya lain lain IDR 605.000,-
Biaya ini biaya yang saya keluarkan untuk biaya diluar point diatas seperti beli magnet, beli payung karena payung saya hilang dan hari sedang hujan, jadi payung merupakan kebutuhan pada saat itu, dan lain sebagainya.

Sebenarnya biaya tersebut masih bisa turun jika kita menginap di Couchsurfing dan untuk biaya makan juga masih bisa turun kok. Saya sering lapar mata, apalahi melihat harga cuma sekitar 10-15 yuan. Sering kali karena saya late lunch jadi malamnya sudah tidak lapar, tapi karena melihat harga yang tidak mahal dan sepertinya enak, sayapun order, padahal ya, porsi makanan disini khususnya mie dengan soup itu banyak banget, jadinya saya tidak habis. Kan sayang padahal.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser