Itinerary Eropa Barat 21 Hari

Tiket Jakarta ke negara negara di Eropa tidaklah murah, oleh sebab itu pastinya kita ingin sebisa mungkin memanfaatkan kesempatan yang ada untuk explore sebanyak mungkin. Apalagi dengan 1 visa (visa Schengen) kita bisa explore banyak negara di Eropa. Dan untuk itu kita harus menyusun itinerary se-efisien mungkin. Menyusun itinerary antar negara di Eropa ini gampang gampang susah, apalagi kalau waktu dan budget kita terbatas.

Yang aku pikirkan saat menyusun itinerary ini adalah "belum tentu ada kesempatan kedua berkunjung ke benua Eropa ini" sehingga negara yang saya masukkan ke dalam itinerary ini awalnya adalah 6 negara, sekitar 18 kota. Tapi atas advise teman lokal, akhirnya jumlah kota berhasil berkurang menjadi 15 dan menjadi 5 negara. Dia masih geleng geleng kepala dengan itinerary terakhir saya ini, tapi saya ngeyel, saya bilang "die die must go" dan dia pun terpaksa menyerah.

Total biaya yang kami keluarkan untuk 21 hari perjalanan ini sekitar IDR 28.000.000 (belum termasuk visa), dimana rate pada tahun tersebut (2010) belum setinggi sekarang. Saat itu 1 SGD masih sekitat IDR 6.500-an dan EURO masih sekitar IDR 12.500-an.

Biaya hostel kami rata-rata Euro 18- 30/hari. Mostly kami menginap di dormitory kecuali di Florence dan Roma. Kami menghabiskan biaya makan sekitar € 8 – 20/hari. Selama perjalanan kami melakukan 2x penerbangan domestic, 3x menginap di kereta, 2x menginap di bus, 7 malam menginap di hostel

Berikut ini rute perjalanan padat kami selama 21 hari di beberapa negara Schengen

Day 1, Singapore – Paris by Air France
Kita berangkat dari negara ini karena kebetulan saya sedang tinggal di Singapura. Tiket Air France sebenarnya harganya mahal tetapi kebetulan saya dapat free tiket (cukup bayar pajaknya saja, sekitar EURO 300-500, lupa tepatnya berapa. Tapi budget yang saya tuliskan diatas adalah budget tiket pesawat full, harga tiket yang dibayarkan oleh teman saya, sekiyar SGD 1.300-an.

Day 2, Paris – Lyon, PERANCIS by train (TGV)
Kami menjadikan Lyon sebagai basecamp karena kebetulan teman saya tinggal di Lyon. Trip panjang ini saya bagi kedalam 2 leg, dimana antara leg kami akan beristirahat di Lyon. Stasiun kereta terdapat di dalam airport, jadi sambil menunggu jadwal kereta kita bisa menghangatkan badan di ruang tunggu yang sudah disediakan.

Sampai di Lyon siang hari, Rita dan Phillip sudah sampai di stasiun untuk menjemput kami. Biaya yang kami keluarkan disini cuma untuk segelas hot chocolate yang kami beli di bandara, sementara makan siang, malam, transportasi dan tempat menginap GRATIS.

Day 3, Lyon, PARIS – Barcelona, SPANYOL by flight
Pesawat kami ke Barcelona dengan Ryan Air berangkat pagi, jadi Phillip dan Rita mengantarkan kami ke airport saat subuh. Phillip cuma bisa geleng geleng kepala, takjub karena kami tidak memberikan waktu untuk menyesuaikan diri dengan time jetlag. Bukan apa-apa sih, saya nemunya tiket murahnya cuma di hari ini. Hari ini kami explore bangunan bangunan karya Gaudi.
Penginapan : Central Garden Hostel

Day 4, Barcelona - Sevilla, SPANYOL by night train
Hari ini kami jalan jalan nyantai di seputaran La Ramblas dan malamnya kami naik kereta malam ke Sevilla

Day 5, Sevilla - Madrid, SPANYOL by bus
Di Sevilla kami cuma punya waktu 1 hari, karena malamnya kami berangkat ke Madrid dengan bus. Dari stasiun kereta Sevilla kami naik bus ke terminal bus dulu untuk nitip tas ransel, baru kita mengexplore kota Sevilla ini.

Day 6, Madrid, SPANYOL
Sampai di Madrid masih subuh, toko toko masih tutup. Dengan subway kami menuju hostel untuk titip tas dulu dan berharap bisa early check in. Kita harus menunggu sekitar 2 jam-an biar bisa early check in. Tapi its ok-lah, toh hari juga masih subuh. Cuma punya waktu 1 hari full disini, jadi hari ini kita akan explore kota Madrid dengan bus hop off, biar ngirit tenaga.
Penginapan : Hostel El Pillar

Day 7, Madrid, SPANYOL – Roma, ITALIA by flight
Pagi pagi kami sudah check out karena harus ke bandara. Tujuan kami selanjutnya adalah Roma. Kami naik budget airline, easyjet. Di airport kami dijemput teman lokal, hari ini kami akan diguide gratis. Kami explore spot wisata di kota Roma ini seperti Colosseum, Roman Forum dan lain lain. Malamnya diajak makan di restaurant lokal Italy. Biaya keluar hari ini tidak banyak, karena kebanyakan dibayarin.
Penginapan : Domus Elisa

Day 8, Roma – Florence, ITALIA by train
PAgi ini kami jadwalnya ke Vatican, jadi setelah sarapan, check out dan titip barang di hostel kami berangkat dengan metro. Sampai disana, antrianya sudah mengular. Tapi nasib baik sedang dipihak kami, akhirnya kami bisa masuk ke Vatikan tanpa mengantri dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Sorenya kami berangkat ke Florence, sampai di Florence sudah malam. Sambil mencari makan malam kami explore kota Florence seputaran hostel dengan jalan kaki saja.
Penginapan : II Ghiro

Day 9, Florence - Venice, ITALIA dengan train
Hari ini kami masih punya waktu 1 hari untuk explore Florence, suasana kota tua Florence lebih terasa. Sorenya kami berangkat ke Venice dengan kereta. Sampai di Venice sudah malam, jadi setelah makan malam kami langsung tidur.
Penginapan : B & B Ai Musi cidi

Day 10, Venice, ITALIA – Lyon, PERANCIS
Kami naik sleeping train dari Venice ke Lyon. Waktu yang tersisa kami habiskan explore kota Venice dengan jalan kaki. Kami sempat juga ke Murano.

Day 11, Lyon, PARIS
Sampai di Lyon sudah siang, istirahat sebentar, terus main ke mall sekalian makan siang.

Day 12, Lacussa, PARIS by car
Jadwal hari ini main SKI. Walau sudah bulan Maret, kota ini masih bisa dikunjungi untuk main ski. Tidak ada pengeluaran hari ini karena ditraktir.

Day 13, Lyon, PARIS
Kita ada acara makan siang bareng teman main ski hari ini, jadi pagi pagi kami masak masakanan indonesia dulu dan siangnya kami explore kota Lyon.

Day 14, Lyon,PARIS – Geneva - Lucerne, SWITZERLAND by train
Kami naik kereta pagi ke Geneva, terus explore Geneva beberapa jam dan dilanjutkan dengan kereta ke Lucerne. Sampai di Lucerne sudah malam, tidak ada aktivitas yang kami lakukan.
Penginapan :Twins Minbak B & B

Day 15, Lucerne-Zurich, SWITZERLANDS - Amsterdam, BELANDA by train
Paginya kami ke Mount Titlis dan sorenya kami berangkat ke Zurich. Kami sempat explore kota ini beberapa jam sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Amsterdam dengan kereta malam.

Day 16, Amsterdam, BELANDA
Kami dijemput teman lokal di stasiun, dan karena belum punya hostel kami pun mencari hostel murah di dekat central stasiun. Lupa namanya, tapi tempatnya bagus. Tempat ini direkomendasikan oleh turis centre dekat central station, bahkan mereka sempat bantu cek ketersediaan kamar.

Beres dengan hostel, kami beli tiket bus ke PARIS buat besok malamnya dulu. Tiket bis ditangan kami pun explore kota ini sampai malam.

Day 17, Amsterdam, BELANDA - Paris
Hari ini kami ke Keunkoff, taman bunga tulip. Malamnya kami naik bis ke PARIS.

Day 18, Lyon - Boismorand, PERANCIS
Sampai di Lyon siang, unpacking dan repacking. Malamnya kami berangkat dengan mobil ke Boismorand, menginap di rumah teman.

Day 19, Boismorand, PERANCIS
Hari ini harusnya kami ke Marselile, tapi karena pagi pagi hujan deras dan baru berhenti setelah agak siang, planning pun berubah ke Castle De Sully. Malamnya kami dinner dengan keluarga teman yang di Perancis.

Day 20, Boismorand – Paris
Kami didrop di hostel kami di Paris, setelah early check in, kami pun mengexplore kota ini. Mengunjungi spot spot wisata disini. didrop ke Paris, lanjut explore kota Paris.

Penginapan : St. Christopher

Day 21, Paris – Singapore
Hari ini hari terakhir kami dikota ini, tidak banyak yang bisa kami lakukan karena penerbangan kami siang hari. Jadi setelah beres beres dengan barang bawaan kami, sarapan santai di hostel kami berangkat ke airport dengan metro.

General Info & Tips :

1. Belilah tiket kereta/pesawat jauh hari sebelumnya karena harganya bisa sangat murah, bisa lebih dari 50%. Hampir semua tiket kereta dan pesawat saya sudah beli online, jadi saat disana tinggal dicetak di vending machinenya.
2. Makan adalah salah satu biaya yang agak mahal, tapi bisa disiati dengan beli makanan di supermarket ataupun memasak nasi dengan membawa lauk kering dari Jakarta.
3. Biaya penginapan khususnya di Paris dan Amsterdam sangat mahal walaupun sekelas dormitory. Untungnya kami cuma 1 malam di masing masing kota ini. Kalau mau lebih irit manfaatkan Couchsurfing untuk menghemat biaya hostel
4. Informasi lengkap mengenai transportasi antar kota/negara bisa dilihat di seat61 ataupun rome2rio
5. Banyak budget airlines yang bisa dijadikan pilihan untuk penerbangan di Eropa seperti RyanAir, EasyJet, Vuelling, WizzAir dan lain lain
6. Pilihan bis pun banyak, bisa dibeli langsung di website masing masing ataupun melalui agent. Pilihan bus diantara lain Eurolines, Polski Bus, Megabus dan lain lain.
7. Kereta cepat antar kota/negara : Thalys, TGV dan Eurostar. Untuk membeli tiket kereta bisa juga di raileurope. Cek masing masing website karena kadang kadang harga yang ditawarkan berbeda.
8. Euro Rail Pass atau yang regular ? Tergantung seberapa banyak kamu akan menggunakan kereta, jika perjalanan kamu akan menggunakan kebanyakan kereta saya sarankan untuk membeli EuroRailPass. Saya sendiri tidak menggunakannya karena itinerary saya mix antara kereta, pesawat dan bis. Tiket yang paling mahal saya beli cuma Sleeper train Venice - Lyon sekitar € 107, sementara yang lainnya cuma sekitar € 28-50.