Skip to main content
TravelNimble

follow us

One day trip to Kawaguchiko

Jika tidak punya banyak waktu kita bisa mengatur untuk one day trip ke Kawaguchiko. Tidak perlu ikut tour, arrange sendiri juga cukup gampang

Melihat gunung Fuji adalah salah satu tujuan turis untuk mengunjungi Jepang. Dan untuk melihat dan menikmati gunung Fuji ini bisa dari Kawaguchiko yang berada di wilayah Fuji Five Lakes (Fujigoko) ataupun Hakone. Saya memilih Kawaguchiko karena ingin melihat Gunung Fuji dari balik Chureito Pagoda dan tentunya dengan sakura yang bermekaran. Aku yakin kamu sering melihat photo-photo ini beredar di dunia maya.


Selain itu saya juga ingin foto dengan menggunakan kimono dengan harga yang sangat murah, cukup dengan 500 – 1000 yen saja padahal kalau di Kyoto atau di kota lainnya harganya diatas 1000 yen, apalagi kalau lengkap dengan dandanannya. Saya tidak menggunakan JR Pass, jadi pilihan bus menurut saya adalah option yang paling bagus karena dengan bus ini langsung mengantarkan saya ke Kawaguchiko station. Pilihan bus cukup banyak, jadi tidak usah kuatir kehabisan seat, tapi kalau mengejar waktu sebaiknya dibooking dulu. Menurut saya bisnya bagus, kursinya nyaman dengan leg space yang cukup lebar sehingga perjalanan sekitar 2 jam tidak terlalu terasa lama.

Fasilitas di Kawaguchiko station ini lumayan lengkap. Ada tourist information centre, ada café, locker, penjual souvenir dan juga toilet. Untuk berkeliling area Fuji Five Lake ini bisa dengan local bis ataupun turis bis dan yang paling nyaman adalah naik retro bus/omni bus. Omni ubs terdiri dari 3 lines yaitu Kawaguchiko Line (jalur merah dengan interval 15 menit), Saiko Line (jalur merah dengan interval 30 menit) dan yang terakhir adalah Nausawa Shojiko Motosuka (jalur biru, interval 2 jam). Kita bisa memeli pass seharga 1500 yen yang berlaku selama 2 hari, bebas turun naik ketiga jalur tersebut.

Line yang antriannya paling ramai adalah line kawaguchiko, karena line ini yang akan mengantarkan kita ke Kachi-Kachi Ropeway. Bus pass ini bisa dibeli di luar station kawaguchiko station, bukan berupa counter, tapi sangat gampang dikenali. Lihat saja keramaian di sekitar pintu masuk kawaguchiko station atau orang orang yang sedang mengantri untuk naik bis, tapi jangan lupa ditanya ya, soalnya bis untuk kembali ke Tokyo pun lokasinya dekat dengan pintu masuk/pintu keluar Kawaguchiko station ini.

Jika kita cuma punya waktu 1 hari apa yang sih yang harus kita kunjungi di Kawaguchiko? Berikut ini adalah versi saya, diurutkan dari mulai “yang harus” sampai dengan optional, hanya jika waktu memungkinkan.

1. Chureito Pagoda
Chureito Pagoda ini berada di lokasi Arakura Sengen Shrine, hanya saja pagoda bertingkat lima ini terletak diatas sebuah bukit yang lumayan tinggi. Dari lokasi pagoda ini kita bisa melihat Gunung Fuji yang menjulang tinggi dan juga kota Fujiyoshida dari ketinggian.


2. Iyashi No Sato
Dulunya merupakan kampong petani yang sekarang dibuat menjadi museum terbuka. Sekitar 20 rumah traditional yang masih terawat dijadikan sebagai restaurant, toko souvenir, museum dan juga penyewaan kimono yang sangat murah, cukup hanya dengan membayar 500 – 1000 Yen, kita sudah bisa memakai kimono untuk berjalan jalan di area Iyashi No Sato ini. Dari sini juga kita bisa melihat Gunung Fuji. Dan satu lagi, saat kita menuju tempat ini kita akan disuguhi dengan pemandangan indah lake Saiko yang masih sangat jauh dari keramaian.


3. Kachikachi Ropeway
Banyak orang membuat tempat ini sebagai tujuan utama di Kawaguchiko, karena ini adalah salah satu spot untuk mengabadikan foto dengan latar belakang Gunung Fuji dari ketinggian 1075 meter di atas permukaan laut, dan tentunya salah satu yang menjadi daya tarik adalah sensasi untuk naik kereta gantung ini. Dari kereta gantung ini kita bisa juga menikmati panorama Lake Kawaguchiko. Stasiun dari kereta gantung ini ada di bagian timur danau kawaguchiko, naik saja retro bus kawaguchiko line, bus stop kachikachi ropeway ini tidak terlau jauh dari kawaguchiko station.

4. Lake Kawaguchiko
Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kawaguchiko Station, kalau jalan sekitar 15-20 menit tergantung spot yang kita tuju. Kalau tidak mau capek naik retro bus saja, ambil Kawaguchiko line. Di antara kelima danau yang ada di area Gunung Fuji ini yaitu danau Kawaguchiko, Saiko, Yamanakako, Shojiko dan Motosuko. Danau Kawaguchiko merupakan yang paling gampang diaccess dengan transportasi umum dan merupakan satu spot yang bagus untuk melihat Gunung Fuji, yaitu dekat dengan Kawaguchiko Music Forest.

Tapi kalau pendapat saya sendiri Lake Saiko ini sebenarnya lebih menarik dibanding Lake Kawaguchiko khususnya area danau yang berdekatan dengan Iyashi no sato karena letaknya dibawah bukit, jadi seolah olah danau ini berada di bawah kaki bukit, sangat indah.
Jika kita hanya punya 1 hari di Kawaguchiko ini, keempat spot itu sudah bisa menghabiskan waktu harian, bahkan saya kemarin hanya sempat mengunjungi Chureito Pagoda dan Iyashi no Sato. Sementara Lake Kawaguchiko dan Lake Saiko hanya saya nikmati dari jendela retro bus.

Selain keempat tempat tersebut sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di area ini, mulai dari taman bermain, hot spring dan lain lain. Di musim semi kita bisa menyaksikan festival Shibazakura, menikmati hamparan bunga shibazakura (atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama pink moss atau phlox moss, saya tidak tahu dalam bahasa Indonesianya) yang berwarna pink dengan latar belakang Gunung Fuji. Festival ini biasanya diadakan tanggal 14 April – 27 May, tetapi bisa saja berubah. Untuk jadwal tepatnya bisa dipantai di Festival Shibazakura info. Kamu punya tempat rekomendasi di daerah Fuji Five Lakes ini ?


How to Get here :
1. Naik bis dari Tokyo Station/Shinjuku Station/Shibuya Station, turun di Kawaguchiko Station, perjalanan sekitar 2-2,5 jam. Terdapat banyak jadwal bus, sesuaikan dengan schedule masing masing. Online tiket bis bisa dibeli di willerexpress atau japanbusonline maupun kosokubus dengan harga rata-rata 1.750 – 1800 yen.

2. Naik kereta dari Tokyo/Shinjuku Station ke Otsuki Station sekitar 1,5 jam, kemudian transfer ke Fujikyu Railway Line sampai Kawaguchiko Station (kurang lebih 1 jam). Jika memiliki JR Pass pilihan ini sepertinya lebih bagus karena hamper semua Japan Rail Pass mengcover rute sampai dengan Otsuki Station, sehingga bisa menghemat cost 2240 yen PP. Sedangkan Otsuki Station sampai Kawaguchiko Station hanya dicover oleh JR Tokyo Wide Pass.

You Might Also Like:

Comment Policy: Tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar