Skip to main content
TravelNimble

follow us

Itinerary 8 hari di Taiwan

Sempat bingung memutuskan untuk ngetrip ke Jepang di bulan Mei dengan harga IDR 4.500.000 dengan Asiana Airlines atau ke Taiwan dengan tanggal yang sama dengan harga hampir 50% lebih rendah dari harga tiket Jepang. Tapi dengan pertimbangan harga tiket Jepang tersebut tidaklah terlalu murah dan musim kunjungan akan sama dengan kunjungan tahun lalu, akhirnya saya memutuskan untuk menjelajah Taiwan saja.

Berbeda dengan trip sebelumnya ke Jepang yang padat banget, kali ini saya menyusun itinerary yang cukup santai walaupun harus pindah pindah kota. Berikut ini adalah itinerarynya, mudah-mudahan bisa membantu.

Hari pertama, Jakarta – Taiwan (Taoyuan Airport)
Jadwal keberangkatan EVA AIR ke Taipei dari Jakarta hanya ada 1x sehari yaitu 14.20, jadi mau tak mau kita harus mengambil flight siang dengan perkiraan sampai di airport sekitar 20.45. Sebenarnya dari Taoyuan Airport saya ingin langsung naik bis malam ke Taichung, tetapi karena option hotel yang front desk-nya buka 24 jam sangat terbatas, planning ini pun terpaksa dibatalkan dan akhirnya menginap 1 malam di Taipei
Penginapan : 4U Taipei Hostel

Hari kedua, Taipei – Taichung by HSR (Taiwan speed train)
Mengambil train pagi dari Taipei ke Taichung, agar cukup punya waktu untuk explore Cinjing Farm yang letaknya agak jauh, sekitar 2 jam dari Taichung. Harga HSR ini hampir 2x lipat dari harga kereta regular tetapi bisa menghemat waktu travel 1-1.5 jam. Sengaja mengambil kereta cepat karena ingin merasakan speed trainnya Taiwan.
Dari HSR Taiwan langsung membeli Cinjing Pass dari Nantou Bus, titip tas di loker yang ada di Taichung HSR station, walaupun harganya lumayan mahal, yaitu start NT$ 30 – 50/3 jam tergantung besarnya loker. Seharian kita explore Cinjing Farm dan karena waktu masih cukup akhirnya kita ke Sun Moon Lake juga pada hari yang sama. Sebenarnya Sun Moon Lake ini saya jadwalkan untuk hari ketiga, tapi karena masih punya cukup waktu kita mampir juga, walaupun akhirnya kita tidak punya banyak waktu untuk explore Sun Moon Lake. Malamnya kita wisata kuliner di Fengjia Night Market.
Penginapan : Chance Hotel

Hari ketiga, Taichung – Keelung by regular train
Karena Sun Moon Lake sudah di-cover di hari sebelumnya, hari ini kita nyantai banget. Bangun siang dan sarapan pakai lama di hotel. Niat awal hari ini ingin ke Rainbow Village, tetapi karena jaraknya yang lumayan jauh dari hostel kita (kurang lebih 1 jam), sementara area Rainbow Village ini tidaklah begitu luas, bahkan ada yang bilang hanya butuh waktu sekitar 30 menit – 1 jam untuk explore, akhirnya itinerary ke Rainbow Village ini saya batalkan. Kami pun menghabiskan beberapa jam di pusat kota Taichung dan berangkat lebih awal ke Keelung. Sehingga malamnya kita punya banyak waktu untuk explore Miakou Night Market.
Penginapan : Yung Feng Hotel

Hari keempat, Keelung – Hualien by express train
Jadwal hari ini lumayan padat, bukan karena banyaknya tempat yang akan kita kunjungi tetapi jauhnya jarak antara satu tempat dengan tempat yang lain. Hari ini kita explore Yehliu Geopark dan JiuFen, malamnya kita naik kereta ke Hualien
Penginapan : Arch Inn

Hari kelima, Hualien – Taipei by express train
Tujuan utama ke Hualien adalah untuk mengunjungi Taroko Gorge, salah satu taman nasional Taiwan. Paling efektif untuk explore Taroko Gorge tentunya dengan sewa mobil atau motor. Sayangnya kami tidak bisa naik motor, terus mau sewa mobil harganya mahal banget. Beberapa vendor yang saya hubungi memberi harga NT$ 3000 – NT$ 4000, yang kalau di share buat 2 orang harganya masih di luar budget, jadi terpaksalah nanti ambil taroko shuttle bus.
Tapi sampai di hotel dan karena tidak malas bertanya kami ditawarkan untuk mengambil 1 day tour, memang lebih mahal dari shuttle bus, tetapi lebih efesien, tidak ada wasting time untuk menunggu bus yang katanya jadwalnya tidak banyak.
Penginapan : Diary of Ximen Hotel II-Liu Fu Branch

Hari keenam, Taipei
Memulai hari dengan santai di Taipei, hari ini kita explore Chiang Kai Shek Memorial Hall, dilanjutkan dengan Tamsui Old Street, dan sebelum pulang ke hotel kita ke Shilin Night Market

Hari ketujuh, Taipei
Hari kedua di Taipei kita explore Longshan Temple, dilanjutkan dengan Taipei 101 dan Forty four south village ditutup dengan Wufenfu Comercial Zone dan sebelum kembali ke hotel kita masih sempet muter muter di Ximending Night Market yang tidak jauh dari hotel kita.
Elephant Mountain dan Raohe Night Market tidak sempat kita kunjungi karena badan sudah sangat lelah, padahal menurut saya itinerary kali ini tidak sepadat yang di Jepang.
Hostel : Diary of Ximen Hotel II-Liu Fu Branch

Hari kedelapan, Taipei – Jakarta
Jadwal penerbangan kita ke Jakarta jam 09.00, tidak ingin mengulangi kesalahan di Jepang, kita berangkat jauh lebih awal. Jam 05.30 kita sudah berangkat dari hostel menuju airport train station. Kita mengambil kereta yang paling pagi yaitu 06.08 pagi. Untunglah kali ini tidak telat, karena antrian di Imigrasi sangat padat, walaupun tidak sepadat yang di Jepang dan masih ada waktu untuk jalan jalan di bandara Taipei ini yang ternyata cukup luas. Dan akhirnya liburan telah usai, waktunya kembali ke depan komputer.