Itinerary 11 Hari ke South Korea

Korea mungkin saja menjadi urutan kesekian dalam wishlist travellingku, tetapi semua bisa saja berubah tergantung tiket pesawat yang murah yang tersedia. Sangat sulit untuk menolak tiket promo bukan? Jadi saya pun berangkat juga ke Korea di  musim dingin 2016 dengan membayar tiket IDR 3.100.000.

Bagi yang baru pertama kali berkunjung ke Korea, kota Seoul, Busan, Nami dan Jeju menjadi tujuan utama, tapi tetap saja tergantung lama kunjungan kita. Semakin lama kita berkunjung semakin banyak kota dan tempat yang kita kunjungi.

Saya adalah typical explorer, jadi saat menyusun itinerary ini, bisa dibilang sangat padat. Tidak saya sarankan bagi orang yang lebih menyukai travelling dengan gaya lebih santai dan yang badannya kurang fit. Tetapi itinerary ini bisa dipakai sebagai perbandingan ataupun dicontoh dengan eliminate kota kota tertentu agar fix dengan jadwal travelling kalian.

Berikut ini adalah itinerary saya selama 11 hari, semoga bisa membantu.

Day 1, Jakarta - Kuala Lumpur, Kuala Lumpur - Seoul
Karena memang tidak ada direct flight ke Seoul, saya membeli tiket terpisah. Memang agak sedikit merepotkan jika dibanding dengan kita beli tiket dalam 1 kode booking, tapi saat itu tiket dengan 2 kode booking harganya jauh lebih murah

Day 2, Seoul
Kita sampai di hotel sudah cukup sore dan karena masih lelah dengan perjalanan yang cukup panjang, kami hanya makan malam di daerah Sinchon yang tidak jauh dari lokasi hostel kami. Hari pertama di Seoul dibuka dengan dinner Dakgalbi yang cukup terkenal di daerah Sinchon.

Day 3, Explore Seoul, Seoul - Busan dengan kereta biasa (Mugungwa)
Itinerary yang disusun hari ini tidak dapat dieksekusi semua karena hujan turun sangat deras. Kami pun hanya bisa mengunjungi Gyeongbokgung Palace dan area sekitarnya, Changdeokgung Palace dan juga Secret Garden, dan masih sempat mampir ke Insadong walaupun tidak berbelanja apa apa karena harga harganya yang cukup mahal. Malamnya berangkat ke Busan dengan kereta.

Day 4, Explore Busan
Jadwal hari ini sangat padat, inginnya semua yang sudah kita planning bisa tercapai semua. Tetapi dengan kondisi yang kurang tidur, cuaca yang tidak bisa diprediksi, kita harus siap dengan perubahan yang terjadi. Hari ini kami ke Igadae Park, Oryukdo Skywalk, Jagalchi market, Shinsegae Centum City Mall dan juga Gwangalli Beach.

Day 5, Explore Busan, Busan -  Sokcho dengan bis
Tidak berhasil mendapatkan view yang bagus di Gamcheon Culture Village sehari sebelumnya, hari ini kami mengunjungi Gamcheon lagi dan untunglah hari ini kabut cukup bersahabat dengan kami. Dan kami pun melanjutkan Haedong Yonggungsa Temple, temple yang sangat menarik untuk dikunjungi karena letaknya yang berada di coastalline. Dan hari ini ditutup dengan window shopping di Gukje Market. Malamnya berangkat ke Sokcho dengan bis.

Day 6, Seoraksan National Park, Sokcho
Di dalam National Park ini banyak tempat yang bisa dikunjungi, tergantung berapa lama durasi kita berada di sini. Puncak yang tertinggi adalah Daecheongbon (1.708m) tetapi yang paling umum didatangai adalah Ulsanbawi Rock yang hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 3 jam. Tetapi bagi yang enggan untuk perjalan kaki, bisa ke Gwonggeumseog Fortress yang bisa dicapai dengan  cable car dengan  membayar sekitar KRW 9000.

Seoraksan National Park ini bisa dicapai dengan  bis no 7 atau 711 dari Sokcho Express/Intercity bus Terminal atau bus stop lainnya yang dilalui oleh bis ini membawa kita langsung ke Seoraksan National Park.

Day 7, Sokcho - Nami - Seoul
Hari ini adalah yang pasti akan melelahkan, tapi demi itineary kita harus kuat. Dari Sokcho tidak ada bis langsung ke Nami, jadi dari Sokcho kita turun di   Chuncheon Terminal bis, dilanjutkan naik bis lagi ke Cheongpyeong Terminal. Nah, dari sini kita bisa langsung naik Cheongpyeong tour bus ke Nami, Petite dan The Garden Morning Clam. Puas explore ketiga tempat ini, kita berangkat ke Seoul dengan KTX.

Day 8, Explore Seoul
Setiap hari penuh dengan jadwal padat. Hari ini kita ke Naksan Park, Ihwa Mural Vilage (sangat menarik untuk dikunjungi), Bukchon Hanok Village (must go), Myeongdong untuk shopping, dan ke Namsan Tower untuk menikmati Seoul city view dari ketinggian.

Day 9, Explore Seoul
Hari ini Shopping Time. Market to Market. Semua orang pasti tahu, bahwa di Seoul ini banyak sekali shopping street yang menarik untuk dikunjungi antara lain : Ehwa Woman University (disini harga bajunya lumayan murah), Dongdaemun Market (di lokasi ini banyak shopping center, salah satunya adalah Doota), Namdaemun Market (ini sebenarnya seperti pasar traditional, kita bisa menemukan harga gantungan kunci, magnet dan lain lain lebih murah dari tempat lain), Itaewon, dan kawasan elit Gangnam.

Day 10, Seoul - Kuala Lumpur
Karena penerbangan dari Seoul pagi hari, kita sampai di Kuala Lumpur sore hari. Malam ini kita akan menginap di airport, karena penerbangan ke Jakarta besok pagi. Menginap di KLIA2 cukup nyaman.

Day 11, KL - Jakarta

Dari total 11 hari perjalanan, sebenarnya waktu yang benar benar kita habiskan di Korea adalah 8 hari. Sementara 4 hari lainnya di habiskan dalam perjalanan, karena kita harus transit di Kuala Lumpur dan penerbangan Kuala Lumpur  - Seoul dan juga Seoul - Kuala Lumpur di pagi hari.

Jika durasi perjalanan kalian hampir sama dengan saya, sebaiknya Busan dikeluarkan saja dari itineary sehingga akan sedikit lebih santai.

Semoga itineary saya ini membantu.