Itinerary 4H3M Kuala Lumpur - Penang

Sebenarnya tujuan  saya adalah Medan tetapi karena Natal dan Tahun Baru, tiket pesawat lumayan mahal. Setelah dibanding-bandingkan, harga tiket Jakarta - Medan dan Jakarta - Kuala Lumpur, Penang - Medan hampir sama akhirnya, aku memutuskan untuk berlibur dulu di Kuala Lumpur dan Penang. Dengan harga tiket yang sama, saya bisa mengunjungi Penang yang kebetulan memang belum pernah saya kunjungi.

Bisa dibilang itinerary ini cukup nyantai, karena kebetulan saya travelling dengan keluarga yang belum pernah backpackeran. Berikut ini itinerary yang saya eksekusi.

Hari 1 :  Perjalanan Jakarta - Kuala Lumpur
Penerbangan yang paling murah saya dapatkan hanyalah penerbangan malam hari, jadi malamnya saya menginap di airport dan baru menuju hotel keesokan paginya. Kebetulan saya landing di KLIA 1 dan karena sudah larut malam, tidak ada transportasi umum ke KLIA2 untuk langsung bertemua keluarga yang berangkat dari Medan.

Dari segi fasilitas menginap, kedatangan KLIA2 sangat jauh lebih bagus dibanding KLIA1. Di KLIA1 ini saya tidak menemukan spot  yang cukup nyaman untuk tiduran seperti yang ada di KLIA2. Yang tersedia hanyalah beberapa kursi panjang yang di kedatangan dan kursi kursi di ruang tunggu keberangkatan.

Hari 2 : Explore Kuala Lumpur (Putrajaya, Batu Caves, Colmar Tropicale dan Genting)
Saya menyewa mobil untuk hari ke-2 karena biayanya relatif murah jika dishare bertiga dibandingkan jika kami harus naik transportasi umum dan tentunya pilihan ini  lebih mengemat waktu. Jika kami naik KL Express ke KL Sentral tarifnya saja sudah RM 55 x 3 = RM 165, belum lagi  transportasi dari KL Sentral ke tujuan selanjutnya. Sementara sewa mobil hanya RM 300 untuk seharian.

Hari 3: Twin Tower, Chinese Town, Bukit Bintang, Kuala Lumpur - Penang
Sebenarnya hampir semua tempat ini bisa dicapai dengan transportasi umum seperti MRT dan bis bahkan bisa juga dengan bus gratis GO KL. Tetapi karena karena kami bertiga, pilihan yang paling tepat adalah UBER atau GRAB. Selisih biaya antara online transportasi dengan bis/MRT tidak jauh berbeda.

Malamnya kami naik bis dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) ke Penang. Bis menurut saya lebih efisien dibanding pesawat karena bisa menghemat waktu dan juga biaya hotel.

Hari 4 : Explore Penang (Air Itam, Pesiaran Gurney, Avatar Secret Garden)
Rencananya saya ingin naik CAT Free Shuttle bus, tetapi saya tidak bisa menemukannya di Komtar terminal bus, jadi akhirnya naik bis no 203 ke Air Itam.  Selebihnya kami menggunakan GRAB dan UBER disini. Lebih menghemat waktu.

Hari 5 : Explore Penang (Art Street Penang), Penang - Medan
Ada yang bilang belum ke Penang kalau belum ke Art Street. Lukisan lukisan menarika di tembok banyak kita temukan di sepanjang jalan di George Town, biasanya di tembok pertigaan jalan, atau jalan jalan yang lebih sempit. Tetapi yang paling terkenal dan paling banyak adalah di jalan Armenian.

Di jalan ini juga kita bias menemukan toko toko penjual souvenir, café café kecil yang menarik.  Jika tidak ingin mengantri untuk mengambil photo, usahakan datang lebih pagi.